Anies Canangkan Kendaraan Pelat Merah DKI Berbasis Listrik

Rabu, 09 Maret 2022 - 01:24 WIB
loading...
Anies Canangkan Kendaraan Pelat Merah DKI Berbasis Listrik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedang mencanangkan kendaraan pelat merah berbasis listrik. Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan kendaraan dinas di lingkungan Pemprov DKI berbasis listrik. Namun, pengadaan kendaraan dinas listrik dilakukan secara bertahap.

”Di DKI sedang ada proses untuk nantinya kendaraan kendaraan dinas akan bisa menggunakan berbasis listrik, tapi bertahap,” kata Anies di Plaza IRTI Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2022).

Kendati demikian, Anies tetap memprioritaskan kendaraan umum berbasis listrik. Diketahui dirinya baru saja meluncurkan 30 unit bus listrik Transjakarta dan menargetkan 100 unit hingga akhir tahun 2022 mendatang.

”Kami memprioritaskan kendaraan umum berbasis listrik daripada kendaraan pribadi berbasis listrik. Itu kenapa di Jakarta kami memilih meluncurkan kendaraan umum berbasis listrik bukan kendaraan dinas berbasis listrik,” ucapnya.

Mantan Mendikbud itu mengatakan kalau pengadaan kendaraan dinas berbasis listrik jumlah kendaraan di jalan masih sama tak ada pengurangan. ”Kalau mobil dinas berbasis listrik maka jumlah kendaraannya masih sama. Ini yang menjadi fokus kita,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies juga menargetkan pada 2030 mendatang kendaraan umum bus di Ibu Kota berbasis listrik.”Kita dalam fase awal ini mengoperasikan 30 nantinya 100 dan harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi menggunakan tenaga listrik itu harapan kita,” kata Anies dalam sambutan.

Anies menyebut hari bersejarah bagi sistem transportasi di Jakarta dengan dimulainya kendaraan berbasis listrik tersebut.”Hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi sistem transportasi di Jakarta berbasis listrik untuk mobilitas masyarakat di Ibu Kota,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)