Asal Usul Rawa Belong dan Kisah Kedermawanan Bang Balong

Senin, 28 Februari 2022 - 05:00 WIB
loading...
Asal Usul Rawa Belong dan Kisah Kedermawanan Bang Balong
Asal usul Rawa Belong di Jakarta Barat berawal dari kisah kedermawanan Bang Balong. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Asal-usul Rawa Belongrupanya memiliki beragam sejarah. Rawa Belong sendiri merupakan sebuah kampung yang terletak di wilayah Jakarta Barat. Pada abad ke 19, Rawa Belong merupakan bagian tanah partikelir Kampung Rawa berbatasan dengantanah partikelir Rawa Kemanggisan.

Untuk membedakannya, penduduk setempat melengkapi sebutan kampung rawa dengan nama tuanya, Van Blommesterjin yang kemudian disingkat menjadi Blomen.

Singkat cerita, Rawa Blomen berubah menjadi Rawa Belong. Kemudian, ada juga yang menyebut bahwa Rawa belong itu dulunya adalah kawasan rawa-rawa. Di bantaran rawa, hidup sebuah keluarga yang amat dermawan terhadap orang-orang yang lemah yaitu Keluarga Bang Balong.

Bang Balong memiliki tanah yang luas dan ternak yang banyak. Hidupnya sangat makmur, sehingga orang-orang di sekitar tempat tersebut menyebut tempat itu milik Bang Balong. Penduduk sekitar yang mayoritas orang Betawi lebih fasih menyebutnya Belong, sehingga nama tempat tersebut disebut sebagai Rawa Belong.

Rawa Belong menjadi basis atau markasnya orang Betawi lantaran pernah menjadi tempat tinggal jagoan legendaris betawi Si Pitung. Termasuk jawara-jawara lainnya seperti Mat Item dan Sastrawan Betawi SM Ardan.

Persilatan Betawi di Rawa Belong sejensi Cingkrig terus mengalami perkembangan. Rawa Belong saat ini terkenal sebagai sebuah sentral penjualan bunga segar terbesar di Jakarta. Untung yang didapat dari pedagang mencapai hingga miliaran rupiah.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)