Profil AKBP Jamal Alam, Perwira Polisi Penggagas Tim The 9 Bicycle Patrol

Senin, 14 Februari 2022 - 19:58 WIB
loading...
Profil AKBP Jamal Alam, Perwira Polisi Penggagas Tim The 9 Bicycle Patrol
Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Jamal Alam membagikan masker kepada pengendara saat HUT Polisi Lalu Lintas Bhayangkara yang ke-65, beberapa waktu lalu. Foto: Twitter @SatLantasTngkot
A A A
JAKARTA - Ingin tahu siapa penggagas Tim The 9 Bicycle Patrol? Penggagasnya adalah AKBP Jamal Alam, Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota yang kini dimutasi sebagai Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya .

AKBP Jamal Alam menggantikan Kompol Argadija Putra yang menjabat PS Kasat Lantas Polres Metro Bekasi.
Baca juga: Wajah Baru Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Lantas di Wilayah Polda Metro Jaya

Dihimpun dari berbagai sumber, The 9 Bicycle Patrol merupakan 9 petugas Polantas yang dipimpin seorang perwira dengan beranggotakan 4 polisi pria dan 4 polisi wanita (polwan). Tim khusus ini untuk mendukung Operasi Zebra Jaya 2020 Satlantas Polres Metro Tangerang Kota.

“The 9 Bicycle Patrol menggelar berbagai upaya preventif dengan melakukan kegiatan patroli di lokasi-lokasi blackspot dan trouble spot lalu lintas. Kemudian, melaksanakan giat preemtif dengan mengimbau dan mengedukasi masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dan penerapan protokol kesehatan,” ujar Jamal.

Di masa pandemi, The 9 Bicycle Patrol juga bertugas memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 melalui upaya preventif maupun preemtif.

Dalam praktiknya di lapangan, The 9 Bicycle Patrol menggunakan sepeda sebagai sarana patroli agar dapat lebih menjangkau wilayah pelosok kota sampai wilayah terpencil yang melalui gang-gang dan jalan sempit. “Diharapkan patroli ini lebih mudah diterima masyarakat karena saat ini bersepeda merupakan kegiatan yang diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan,” katanya.
Baca juga: Profil AKBP Yogen Heroes Baruno, Kasat Reskrim Polres Depok Ungkap Penyekapan Pengusaha hingga Pencabulan

Terdapat sasaran prioritas penegakan hukum pada Operasi Zebra Jaya di antaranya pelanggaran melawan arus, pelanggaran tidak menggunakan helm, berhenti di stop line, serta knalpot bising.

Sekadar mengingatkan, AKBP Jamal Alam pernah menduduki jabatan penting antara lain Kasi Anev Subdit Fasmat SBST Ditregident Korlantas Polri dan Wakapolres Tegal Polda Jateng.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)