Disdik DKI Sebut Sekolah yang Paksa Orang Tua Murid Ikut PTM Mayoritas Swasta

Kamis, 03 Februari 2022 - 15:32 WIB
loading...
Disdik DKI Sebut Sekolah yang Paksa Orang Tua Murid Ikut PTM Mayoritas Swasta
Sejumlah murid belajar tatap muka di kelas. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengakui ada sejumlah sekolah yang memaksa walimurid memperbolehkan anaknya untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ). Kebanyakan sekolah yang melakukan itu adalah sekolah swasta.

"Jelas setiap aduan yang sampai ke kita itu kita tindak lanjuti. Kita komunikasi dengan sekolah, kenapa kok memaksa anak-anak didiknya PTM. Rata-rata di sekolah swasta ya," ujar Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radjagah kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/2/2022). Baca juga: Disdik DKI Terima Laporan Ada Sekolah Paksa Orang Tua Izinkan Anaknya Ikuti PTM

Taga menyebutkan aduan pemaksaan PTM diterima Disdik DKI sejak 15 Januari 2022. Ia menyebutkan, saat pihak Disdik melakukan komunikasi dengan sekolah tersebut alasan yang disampaikan adalah agar bisa memberi pelayanan terbaik kepada anak didiknya.

"Mereka bilang, kan mereka perlu memberikan layanan optimal, selama ini kan pembelajaran jarak jauh, jadi tidak optimal, dia juga ingin kelasnya itu tetap terjaga," tutur Taga.



Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga turut melakukan pemantauan ke seluruh sekolah di Ibu Kota agar benar-benar menaati peraturan pemerintah agar tidak memaksakan PTM kepada murid ataupun orang tua murid.

"Kami memantaunya kan bukan hanya negeri, tapi juga swasta. Bahkan PKBM kemudian TK dan PAUD dipantau. Kemarin 3 hari lalu kami pantau TK di Jaksel itu anak-anak mereka senang sekali, kenapa? Ada aktivitas yang dirasakan pra-sekolah begitu," ungkap Taga.

"Kami ngobrol sama guru di sana, mereka (anak PAUD) enggak belajar malah main saja, kan mereka apa adanya, tapi kan di sekolah diajarin supaya bagaimana disiplin dan menghargai temannya," tutupnya. Baca juga: Mulai Hari Ini, Pemerintah Setujui PTM Terbatas 50% bagi Daerah PPKM Level 2

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengusulkan ke pemerintah pusat agar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di DKI Jakarta untuk dihentikan dan digantikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama satu bulan ke depan. Karena, kasus aktif Covid-19 di DKI Jakarta terus naik.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3492 seconds (11.252#12.26)