Dosen Vokasi UI Uji Coba Aplikasi Mobile Deteksi Dini Penurunan Fungsi Tubuh Lansia di Tangsel

Selasa, 01 Februari 2022 - 14:29 WIB
loading...
Dosen Vokasi UI Uji Coba Aplikasi Mobile Deteksi Dini Penurunan Fungsi Tubuh Lansia di Tangsel
Dosen Vokasi UI melalui program hibah prototype yang diberikan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI melakukan uji coba aplikasi Lantera di Tangsel. Foto: SINDOnews/Istimewa
A A A
TANGERANG SELATAN - Dosen Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui program hibah prototype yang diberikan Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTIP) UI, melakukan uji coba aplikasi Lantera (Lansia Sejahtera) di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel).

Lantera merupakan sebuah Mobile App yang membantu mewujudkan terciptanya SDG’s Goals - Good Health and Well-being melalui deteksi dini terhadap penurunan fungsi (impairment) lansia. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan keterlibatan masyarakat untuk menghindari terjadinya implikasi dari keterlambatan tindakan pencegahan penyakit pada lansia.

Aplikasi Lantera dapat digunakan oleh puskesmas dalam memantau kesehatan lansia dalam wilayah cakupannya dengan melibatkan kader ujung tombak untuk melakukan fungsi promotif dan preventif bagi kesehatan lansia.



Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto dalam berbagai kesempatan meminta agar riset para dosen vokasi tidak hanya menghasilkan publikasi untuk kenaikan jabatan. Namun lebih diutamakan agar risetnya menghasilkan sebuah produk yang dapat berguna bagi pasar maupun masyarakat.

Menjawab kebijakan tersebut, tim lantera melakukan penelitian tentang lansia dilakukan bersama dengan tim dosen dengan latar jurusan yang berbeda. Ketua Tim Lantera DISTP UI Thesa Adi mengatakan, aplikasi lantera saat ini, masih dalam proses pengembangan dengan berfokus pada dua fitur utama yaitu pemetaan posisi serta kondisi lansia, dan fitur lapor darurat bagi lansia.

"Fitur selanjutnya yang sedang dalam pengembangan adalah pengembangan Artificial Intellegence Lantera, dalam melakukan deteksi dini penurunan fungsi tubuh para lansia," ujar Thesa dalam keterangan tertulis diterima Selasa (1/2/2022).

Thesa Adi lebih lanjut mengatakan bahwa Lantera akan bekerja sama dengan Kyushu University dalam melakukan pengembangan AI serta pengadaan Portable Health Clinic (PHC).

Dosen Vokasi sekaligus Anggota Tim Lantera Wahyu Nofiantoro menambahkan, selain mengembangkan aplikasi deteksi impairement pada lansia, tim lantera, bersama para dosen stikes banten, menyusun dan mengembangkan skema kompetensi Operator Klinik Berjalan, bagi para kader.

Skema kompetensi ini rencananya akan diusulkan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk dijadikan skema resmi dalam melakukan sertifikasi kompetensi bagi para kader.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)