Punya 7 Kelurahan, Begini Asal Usul Nama Kebon Jeruk Jakarta Barat

Minggu, 30 Januari 2022 - 06:13 WIB
loading...
Punya 7 Kelurahan, Begini Asal Usul Nama Kebon Jeruk Jakarta Barat
Sebuah kecamatan di kota administrasi Jakarta Barat bernama Kebon Jeruk, memiliki sejarah panjang. Foto: encyclopedia.jakarta-tourism.go.id
A A A
JAKARTA - Sebuah kecamatan di kota administrasi Jakarta Barat bernama Kebon Jeruk , memiliki sejarah panjang. Melansir dari buku 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, wilayah Kebon Jeruk ini dulunya merupakan perkebunan yang banyak ditanami buah-buahan, terutama jeruk atau Citrus sp.

Jenis jeruk yang ditanam di wilayah tersebut beragam, yaitu jeruk limau, jeruk purut, jeruk bali, dan jeruk sankis.

Jika waktu panen tiba, jeruk akan dibagikan ke para tetangga atau dijual ke pasar. Sementara itu, pohon jeruk yang ditanam dan berbuah di pekarangan rumah, hasilnya akan dikonsumsi sendiri oleh anggota keluarga. Sebab, hasil panennya hanya sedikit.

Punya 7 Kelurahan, Begini Asal Usul Nama Kebon Jeruk Jakarta Barat


Jeruk awalnya berbuah di Tiongkok. Lalu menyebar ke negara lain termasuk Indonesia. Rupanya, pohon jeruk yang banyak tumbuh di kawasan Kebon Jeruk merupakan peninggalan warga Belanda yang menetap di Batavia. Masyarakat Belanda membawa jeruk keprok dan jeruk manis dari Italia dan Amerika.



Namun kini pohon-pohon jeruk yang ada di wilayah Kebon Jeruk sudah sangat sukar ditemukan. Pohon tersebut berganti menjadi pusat perkantoran, pertokoan, dan kompleks perumahan.

Kecamatan Kebon Jeruk memiliki tujuh kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Sukabumi Selatan, Sukabumi Utara, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Duri Kepa, Kedoya Selatan, dan Kedoya Utara.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)