Asal Usul Pondok Pinang, dari Tempat Singgah Budak VOC hingga Perumahan Elite Pondok Indah

Sabtu, 29 Januari 2022 - 05:30 WIB
loading...
Asal Usul Pondok Pinang, dari Tempat Singgah Budak VOC hingga Perumahan Elite Pondok Indah
Di Pondok Pinang, terdapat perumahan elite Pondok Indah, Mal Pondok Indah 1, dan Mal Pondok Indah 2. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pondok Pinang, Jakarta Selatan ternyata punya sejarah panjang dalam peradaban Kota Jakarta. Daerah yang dulunya pondok atau rumah singgah tentara Hindia Belanda hingga budak VOC kini menjadi kawasan perumahan elite Pondok Indah.

Dikutip dari Encyclopedia Jakarta, Sabtu (29/1/2022), Pondok Pinang berasal dari kata “pondok” dan “pinang”. Disebut pondok karena dulu tempat persinggahan tentara Belanda hingga budak yang dipekerjakan VOC.
Baca juga: Asal Usul Kebon Kacang Jakpus, dari Gubuk di Kebun Sekarang Jadi Gedung-gedung Bertingkat

Wilayah ini juga ditumbuhi pohon pinang yaitu sejenis pohon palem yang buahnya dapat dimakan. Buah pinang ini bermanfaat untuk pencernaan tubuh.
Asal Usul Pondok Pinang, dari Tempat Singgah Budak VOC hingga Perumahan Elite Pondok Indah

Salah satu jalan di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Foto: Mapio.net

Pondok Pinang merupakan kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Wilayah Pondok Pinang berbatasan dengan Tanah Kusir di sebelah utara dan Pesanggrahan di sebelah barat. Sementara, di timur Pondok Pinang berbatasan dengan Jalan Arteri Pondok Indah dan Terminal Lebak Bulus, serta Pasar Jumat di sebelah selatan.

Di Pondok Pinang kini terdapat perumahan elite Pondok Indah, Mal Pondok Indah 1, dan Mal Pondok Indah 2. Mal Pondok Indah 1 yang merupakan salah satu mal pertama di Jakarta dibangun pada 1991. Kemudian, tahun 2005 dibangun Mal Pondok Indah 2 di seberang mal yang lama.
Baca juga: Asal Usul Grogol Jakbar, Dulunya Tempat Bermukim Binatang Buas

Untuk mengatasi kemacetan yang timbul di perempatan Mal Pondok Indah sudah dibangun terowongan atau underpass untuk kendaraan dari Arteri Pondok Indah menuju Jalan Metro Pondok Indah. Selain itu, di Pondok Pinang juga terdapat Masjid Ni'matul Ittihad dan Masjid Raya Pondok Indah yang cukup megah.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1584 seconds (11.97#12.26)