Anggaran Revitalisasi TMII Rp1,1 Triliun, Ini Janji Pengelola

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:54 WIB
loading...
Anggaran Revitalisasi TMII Rp1,1 Triliun, Ini Janji Pengelola
Pengelola baru TMII menjanjikan proses revitalisasi akan berjalan sesuai konsep Indonesia Opera yang bertansformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia. Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Pengelola baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjanjikan proses revitalisasi akan berjalan sesuai konsep Indonesia Opera yang bertansformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia. Anggaran revitalisasi TMII mencapai Rp1,136 triliun.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono mengatakan, revitalisasi TMII dilaksanakan dengan tujuan mengembalikan fungsi awal serta marwah sejak kali pertama dicetuskan. Sebagai taman wisata dengan menampilkan banyak aneka ragam budaya Indonesia revitalisasi juga dilakukan untuk menyambut gelaran Presidensi G20 Indonesia 2022.

"Kami bersama stakeholder terkait terus melakukan revitalisasi, baik sarana maupun prasarana di lapangan. Hal ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Kamu harap wisatawan bisa memaklumi pembenahan fasilitas, serta mendukung adanya proses ini," kata Edy di Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022).

Revitalisasi ditargetkan rampung sebelum Oktober 2022. Bangunan yang sebelumnya kurang terawat akan diganti dengan tampilan baru serta mengembalikan fungsi TMII sebagai ruang terbuka hijau. Baca: Ikut Vaksin Anak di Matraman Bisa Dapat Sepeda dan Tas Sekolah

"Banyak bangunan yang direnovasi karena kondisinya kurang terawat sehingga harus dilakukan pembaharuan dengan tujuan menjaga kelayakan dengan mengembalikan 70% lahan terbuka hijau," ujarnya.

Dalam mewujudkan itu semua, PT TWC menggandeng arsitek terkemuka yakni Yori Antar untuk mendesain kerangka revitalisasi TMII. Adapun anggaran revitalisasi TMII mencapai Rp1,136 triliun yang digunakan dalam penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama dan renovasi Joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno).

"Dilakukan penataan landskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi museum, renovasi museum Teater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas serta struktur parkir elevated," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2034 seconds (11.210#12.26)