Hasil Swab Test, 14 Pedagang Pasar Rawasari Positif Covid-19

Kamis, 11 Juni 2020 - 19:03 WIB
loading...
Hasil Swab Test, 14 Pedagang Pasar Rawasari Positif Covid-19
Sebanyak 14 pedagang di Pasar Rawa Kerbau, Rawasari, Jakarta Pusat, terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab test pada 5-8 Juni 2020.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Sebanyak 14 pedagang di Pasar Rawa Kerbau, Rawasari, Jakarta Pusat, terpapar Covid-19 . Hal itu diketahui berdasarkan hasil swab test yang dilakukan pada 5-8 Juni 2020.

Kepala Puskesmas Cempaka Putih, Dicky Alasdik mengatakan, awalnya di Pasar Rawa Kerbau ada dua orang yang dinyatakan positif Covid-19. Kemudian bertambah lagi menjadi 12 orang."Jadi benar, sekarang ada 14 pedagang Pasar Rawasari atau Rawa Kerbau sudah dinyatakan positif Covid-19. Berdasarkan pemeriksaan pada Senin kemarin," kata Dicky saat dikonfirmasi, Kamis (11/6/2020).

Dicky menambahkan, total Puskesmas Cempaka Putih telah melakukan pemeriksaan swab test kepada 202 orang. Mayoritas pedagang pun dikatakan Dicky ada yang berdomisili di luar Jakarta Pusat (Cempaka Putih). (Baca: Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 129 Orang)

"Ada yang domisilinya di luar Cempaka Putih, kayak ada pedagang yang domisilinya di Cakung. Kami koordinasi dengan puskesmas kecamatan di domisili mereka. Untuk penanganan lebih lanjut biar dari petugas medis di lokasi mereka tinggal saja," ujarnya.

Dicky menuturkan, seluruh pedagang yang menjalani swab test beberapa hari lalu dinyatakan positif Covid-19 tanpa disertai gejala atau yang disebut Orang Tanpa Gejala (OTG). Bagi para pedagang di wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang positif Covid-19 diperkenankan untuk melakukan isolasi mandiri tanpa harus dirujuk ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kami izinkan untuk isolasi mandiri dengan catatan kami terus awasi. Satgas gugus tugas Covid-19 ditingkat RT dan RW yang melakukan pengawasan. Pengawasan itu nanti berhubungan juga untuk penyaluran bantuan makanan dari Suku Dinas Sosial, karena mereka isolasi mandiri otomatis enggak boleh keluar rumah," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)