Profil Kombes Edwin Hatorangan, Kapolres Bandara Soetta yang Mediasi Arteria Dahlan Vs Anak Keluarga TNI

Minggu, 23 Januari 2022 - 06:00 WIB
loading...
Profil Kombes Edwin Hatorangan, Kapolres Bandara Soetta yang Mediasi Arteria Dahlan Vs Anak Keluarga TNI
Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Pol Edwin Hatorongan. Foto/Dok Humas Polri
A A A
JAKARTA - Nama Kombes Edwin Hatorongan melejit setelah melakukan mediasi perseteruan antara Anggota DPR RI Arteria Dahlan yang cekcok dengan seorang perempuan yang mengaku anak jenderal bintang 3 di Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah drama perseteruan panjang, Kapolres Bandara Soetta ini berhasil mendamaikan Arteria dengan Anggiat Pasaribu meskipun mereka sempat saling melaporkan dan akhirnya laporannya saling dicabut dan berakhir damai keduanya.

Sebelum saling cabut laporan, perseteruan antara Arteria dengan Anggiat tersebut sempat membuat karir dari perwira menengah itu hampir terancam. Sebab, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu meminta Polri mengevaluasinya. Baca juga: Profil Brigjen TNI Widi Prasetijono, Mantan Ajudan Jokowi Jadi Danjen Kopassus

Dengan penuh kesabaran pria kelahiran 23 Juni 1974 ini bisa menyelesaikan permasalahan tersebut secara tegas. Padahal, kasus cekcok dengan Arteria dengan Anggiat tersebut sempat viral di media sosial dan membuat gaduh di Indonesia.

Selain itu, dia juga berprestasi dengan memusnahkan ribuan pil ekstasi, dan kiloan sabu yang didapatkan dari hasil penyelundupan dari luar negeri antara lain ekstasi sebanyak 9.984 butir, sabu seberat 3,1 kilogram dan 1,028 gram khetamine.

Namun saat dia menjabat, Polda Metro Jaya melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Mereka dipindahtugaskan ke Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan. Baca juga: Profil Dankoopssus TNI Mayjen Joko Purwo Putranto, Pemimpin Pasukan Elite AD, AL, dan AU



Namun Edwin tidak menjelaskan alasan seluruh personel Satnarkoba tersebut diperiksa Polda Metro Jaya. Adapun anggotanya yang dimutasi, yakni Kasat Narkoba AKP Nasrandy yang dimutasi ke Pama Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan.

Posisi Kasat Narkoba Polresta Bandara Soetta saat ini diisi Kepala Urusan Produksi dan Dokumentasi Urprodok (Kaurprodok) Staf Pribadi Pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Spripim) Polda Metro Jaya AKP Verdika Bagus Prasetya.

Anggota Satnarkoba Poltesta Bandara Soetta lainnya yang dimutasi, yakni Iptu Pius Sinaga yang sebelumnya menjabat sebagai Kanitidik I, kini menjabat sebagai Pama Yanma Polda Metro Jaya dalam rangka pemeriksaan.

Sebelum menjabat Kapolres Bandara Soetta, lulusan Akpol 1997 ini sebelumnya menjabat Wadir Intelkam Polda Metro Jaya karena sangat berpengalaman dalam bidang intel. Sehingga hingga saat ini dipercayakan sebagai Kapolres Bandara Soetta.

Riwayat Kombes Pol Edwin Hatorangan Hariandja

Kasubdit I Ditintelkam Polda Metro Jaya (2017)
Kapolres Sibolga (2017-2019)
Wadirintelkam Polda Metro Jaya (2019-2021)
Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta (2021)
(ams)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3519 seconds (10.101#12.26)