Yantek Optimization Mudahkan Pelanggan PLN Dapat Layanan Perbaikan

Jum'at, 14 Januari 2022 - 15:38 WIB
loading...
Yantek Optimization Mudahkan Pelanggan PLN Dapat Layanan Perbaikan
Pada akhir 2021, secara nasional PT PLN meluncurkan Yantek Optimization (Optimasi Pelayanan Teknik) yang terintegrasi dengan New PLN Mobile. Foto: Ist
A A A
BEKASI - PT PLN (Persero) bertransformasi dalam meningkatkan pelayanan ke pelanggan . Pada akhir 2021, secara nasional BUMN itu meluncurkan Yantek Optimization (Optimasi Pelayanan Teknik) yang terintegrasi dengan New PLN Mobile. Fasilitas tersebut akan memudahkan pelanggan mendapat layanan perbaikan ketika mengalami gangguan listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi Rahmi Handayani menjelaskan, Yantek Optimization merupakan suatu bagian dari transformasi dasar yang dilakukan PLN untuk meningkatkan pelayanan ke pelanggan.
Baca juga: PLN UP3 Cikarang Jaga Kelistrikan di 15 Titik Rawan Banjir

“Transformasi tersebut bukan hanya sekadar aplikasi, tapi juga mengubah perilaku petugas pelayanan teknik yang bertugas di lapangan,” ujar Rahmi melalui keterangan resminya, Jumat (14/1/2022).

Adanya fasilitas Yantek Optimization pelanggan dapat mengetahui proses pengaduannya ditanggapi hingga diselesaikan layaknya layanan aplikasi transportasi online. “Adanya hal tersebut, pelanggan lebih mudah memonitor proses pengaduan. Jadi seperti kita pesan transportasi online melalui PLN Mobile, lokasi petugas sampai mana itu bisa kita lihat,”kata Rahmi.

Dengan begitu, Yantek Optimization akan menuntut petugas pelayanan teknik untuk merespons cepat pengaduan gangguan kelistrikan dan mengerjakannya sesuai dengan prosedur. “Petugas harus disiplin dan tepat waktu demi pelanggan menerima pelayanan terbaik dari PLN dan meningkatkan customer experience,” ucapnya.

Peluncuran Yantek Optimization ini dimulai pada PLN regional Jawa, Bali, dan Madura. Rahmi mengungkapkan, saat ini pelayanan teknik merupakan layanan dasar PLN yang dibutuhkan pelanggan dalam waktu 24 jam.

“Kondisi dulu di mana ketika PLN sering gangguan atau padam PLN susah dihubungi, petugas PLN lama datangnya, tidak ada info mengenai pemadaman, dan ketika melapor terjadi pemadaman banyak yang ditanyakan oleh pihak PLN,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini pelanggan dengan mudah bisa menyampaikan keluhan lewat PLN Mobile yang secara sistem akan diteruskan ke Yantek Mobile dan dimonitor Virtual Command Center. Manajemen unit bisa memastikan keluhan pelanggan diselesaikan melalui komunikasi dua arah (bipartit) dengan pelanggan yang embedded pada sistem, bahkan tripartit karena ditambah dengan pengawasan dari manajemen unit.
Baca juga: PLN Siapkan Rp120 Miliar Bangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

“Melalui Yantek Optimization pelayanan pelanggan yang cepat, andal, akurat, efektif, dan efisien sehingga pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile dan mendapatkan informasi mengenai pemadaman bagi pelanggan yang terdampak,” katanya.

Sepanjang tahun 2021 PLN UP3 Bekasi meraup pendapatan sebesar Rp3,2 trilun lebih dari penjualan listrik 2.673.360.597 Kwh. Artinya, penjualan listrik PLN UP3 Bekasi tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 5,26 persen dari tahun 2020.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3842 seconds (0.1#10.140)