Di Lahan 10 Hektare, Poktan Jakarta Utara Berhasil Panen Padi Varietas Unggul

Kamis, 13 Januari 2022 - 11:38 WIB
loading...
Di Lahan 10 Hektare, Poktan Jakarta Utara Berhasil Panen Padi Varietas Unggul
Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim memantau panen padi varietas unggul di Cilincing. Foto: MNC Portal Indonesia/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sebanyak sembilan kelompok tani (Poktan) wilayah Jakarta Utara berhasil melakukan panen padi unggul varietas inpari 32 dan situbagendit di lahan seluas 10 hektare Cilincing.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas keberhasilan kelompok tani yang telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan produktivitas padi.

"Jakarta Utara memiliki lahan persawahan sekitar 344 hektar yang tersebar di dua kelurahan yaitu Rorotan dan Marunda. Setiap tahunnya, para petani di Kecamatan Cilincing berhasil mengolah lahan pertanian dengan baik hingga panen seperti sekarang ini," kata Ali saat dikonfirmasi, Kamis (13/1/2022).



Menurut Ali, dengan adanya kelompok tani ini maka menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sejumlah Poktan memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan area pertanian yang mampu memproduksi tanaman padi yang berkualitas.

"Poktan itu memanfaatkan lahan yang belum terpakai untuk menghasilkan pendapatan. Dari segi ekonomi apa yang diupayakan dalam Poktan bisa menjadi andalan untuk menghidupi ekonomi keluarga. Poktan ini juga harus mendapatkan pembinaan agar penghasilannya bisa maksimal," tuturnya.

Ali juga mengimbau kepada para petani yang tergabung dalam Poktan Jakarta Utara untuk membuka komunikasi yang baik dengan perangkat wilayah.

"Jangan pernah merasa sungkan, silahkan sampaikan saja apa yang menjadi keluhannya selama ini. Dengan begitu akan cepat mendapatkan solusi yang terbaik," imbaunya.

Salah seorang perwakilan dari Poktan Maju RW 07 Rorotan, Abas mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan dari pemerintah khususnya Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam kemajuan pertanian di wilayahnya.

"Dengan adanya bantuan dan dukungan dari semua pihak diharapkan para petani dapat menghasilkan produksi yang maksimal sehingga target produksi yang ditetapkan bisa tercapai. Selain itu, dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani Jakarta Utara," tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)