Demokrat Jakarta Integrasikan Organisasi Sayap Raih Kemenangan Pemilu 2024

Rabu, 05 Januari 2022 - 16:36 WIB
loading...
Demokrat Jakarta Integrasikan Organisasi Sayap Raih Kemenangan Pemilu 2024
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat Mujiyono. Foto: demokratjakarta.or.id
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat Mujiyono menegaskan bakal mengintegrasikan organisasi sayap (Orsap) Partai Demokrat yang notabene kader binaan di partainya dengan program kerja partai secara komprehensif.

Kehadiran Orsap Partai Demokrat ini semakin memperkuat stigma bahwa muda adalah kekuatan. Terlebih, aktivis Orsap diisi pengusaha muda yang memiliki kesamaan visi untuk membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik.
Baca juga: Meski Pandemi, Anggota DPRD DKI Kenneth Tetap Konsisten Bagi-bagi Kursi Roda

Dalam kesempatan ini, hadir pengurus Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), Bintang Muda Indonesia (BMI) dan Angkatan Muda Partai Demokrat (AMPD). "Kemarin, kita diskusi banyak hal dengan organisasi sayap Partai Demokrat. Mereka ini dominan anak-anak milenial yang menjadikan partai ini semakin kuat. Ini bentuk kolaborasi sinergi menuju kemenangan bersama Pemilu 2024," ujar Mujiyono dalam keterangan pers, Rabu (5/1/2022).

Menurutnya, peran Orsap untuk kemenangan sebuah partai politik sangat penting sehingga program kerja Orsap harus sejalan dengan program pemenangan partai politik, termasuk bagi Partai Demokrat.

Pendiri War Room Demokrat Jakarta ini memastikan bakal melibatkan Orsap untuk memenangkan Partai Demokrat pada Pemilu 2024 mendatang. "Saat ini, semakin banyak anak-anak muda yang tertarik dengan dunia politik. Karena, politik itu sesuatu hal yang menyenangkan tanpa harus dibuat kaku dan terlalu kolot. Tapi, semangat anak-anak muda ini juga harus terarah dan terstruktur agar kita bisa kembali merebut kejayaan untuk Partai Demokrat," ungkap Mujiyono.

Dalam sebuah penelitian Universitas Gajah Mada menyebutkan organisasi sayap memiliki fleksibilitas dalam mendiversifikasi daya tarik dan citra partai kepada kelompok-kelompok target tertentu.

Terlebih, tidak sedikit kelompok masyarakat yang masih tabu membicarakan politik dalam kehidupannya. Sehingga, peran Orsap penting untuk mendelegasikan tugas partai dalam menampung aspirasi masyarakat.
Baca juga: Polemik Pinjaman Rp1,2 Triliun untuk Formula E, DPRD DKI Cek Langsung Ancol

"Kehadiran Orsap akan memperkuat hubungan partai dengan masyarakat secara umum. Misal, dalam sebuah RW tidak terjangkau pengurus partai bisa diisi Orsap mengampanyekan program kepartaian secara nonformal. Bisa juga setiap kegiatan partai orsap dilibatkan dalam perannya masing-masing," katanya.

Bahkan, Orsap ini bisa menjadi jembatan untuk partai berlambang Mercy dalam melakukan penjaringan kader baru sekaligus membantu masyarakat baik dalam hal advokasi maupun edukasi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)