Meski Pandemi, Anggota DPRD DKI Kenneth Tetap Konsisten Bagi-bagi Kursi Roda

Kamis, 23 Desember 2021 - 20:14 WIB
loading...
Meski Pandemi, Anggota DPRD DKI Kenneth Tetap Konsisten Bagi-bagi Kursi Roda
Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth di masa Pandemi Covid-19 ini masih tetap konsisten membagi-bagikan kursi roda untuk warga yang membutuhkan. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth di masa Pandemi Covid-19 ini masih tetap konsisten membagi-bagikan kursi roda untuk warga yang membutuhkan. Dengan menelusuri gang-gang kecil di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kenneth tak segan-segan menggotong kursi roda untuk diberikan kepada salah satu warga yang membutuhkan.

Mujeni, warga Jalan Duri Intan 1, RT 04/12, Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, adalah orang yang beruntung mendapatkan langsung bantuan kursi roda dari Kent-sapaan akrab Hardiyanto Kenneth.

Selama ini Mujeni mengidap penyakit diabetes yang sudah sangat kronis, sehingga mengakibatkan sebelah kakinya harus di amputasi. "Saya membawakan langsung kursi roda untuk bapak Mujeni," ujar Kent dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Kent mengaku mendapat laporan bahwa Mujeni ingin sekali berjemur, tapi sering sekali mengalami kendala, karena kaki sebelahnya sering mengalami luka pada saat berjalan menggunakan tongkat. Pihak keluarga juga masih trauma karena penyakit diabetes yang diidap Mujeni.



"Sebelum kaki Pak Mujeni yang divonis dokter untuk diamputasi, penyebabnya adalah luka yang tidak kunjung sembuh, sehingga mengakibatkan luka tersebut semakin parah dan membusuk. Orang kalau sudah terkena sakit gula kronis biasanya kalau terluka, susah sekali untuk sembuh," kata Kent.

Kent berharap dengan bantuan kursi roda yang diberikan dapat membantu pihak keluarga membawa Mujeni berjemur pada pagi hari. Ia berharap kursi roda itu bisa menjadi suatu penghiburan agar Mujeni kembali mempunyai semangat untuk sembuh.

"Sebelum pamit pulang saya memberikan sedikit pengalaman yang saya tahu tentang penyakit diabetes ini, karena almarhumah ibu saya juga terkena penyakit diabetes dan saya sempat merawatnya," beber Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

Kent telah berkomitmen akan memberikan gaji bulanan, dan berikut tunjangannya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta untuk membantu memenuhi kebutuhan warga tidak mampu yang mengalami kesulitan.

Selama Kent menjadi anggota Dewan kurang lebih dua tahun, sudah memberikan sekitar 1.000 kursi roda kepada warga yang membutuhkan. Kent tak mempedulikan ucapan segelintir orang yang mencibirnya dalam melakukan kebaikan. Prinsipnya, saling membantu sesama di tengah kesulitan.

"Ada sebagian orang menganggap apa yang saya lakukan ini aneh dan pencitraan. Bukannya membantu sesama yang sedang kesusahan dan membutuhkan pertolongan adalah suatu hal yang wajar?, Apalagi setelah saya terpilih menjadi anggota Dewan, harus lebih rajin lagi menolong masyarakat yang membutuhkan," tandasnya.



"Terus terang saya melakukan hal ini secara ikhlas, saya tidak pedulilah orang lain mau ngomong apa, yang penting saya melakukan ini secara ikhlas dan riang gembira. Tidak menjadi suatu beban bagi saya. Ada suatu kesenangan dan kebahagiaan tersendiri di dalam hati saya jika dapat membantu orang lain. Terutama bagi orang yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan tersebut," tuturnya.

Kent mengaku jika kegiatan sosial tersebut sudah dilakukannya sebelum menjadi anggota Dewan Kebon Sirih. Ia kerap membantu warga yang mengalami kesulitan. Dan kini, saat menjadi anggota Dewan, ia menggunakan gaji dan tunjangannya untuk membantu warga.

"Karena kegiatan dan kebiasaan seperti ini sudah sering saya lakukan sewaktu saya belum menjadi anggota Dewan. Saya yakin bahwa hal tersebut akan menjadi amal ibadah dan tabungan bagi saya kelak di kemudian hari. Melakukan hal ini bagi saya bukan lah suatu hal yang memalukan. Kemudian orang lain pasti bertanya, jikalau menolong masyarakat yang kesusahan dan membutuhkan dengan menggunakan gaji dan tunjangan saya sebagai anggota Dewan," sambungnya.

Kent juga tak khawatir terkait dengan menafkahi keluarganya, jika semua gaji dan tunjangannya untuk kepentingan warga yang tidak mampu. Pasalnya, ia mempunyai beberapa usaha untuk menghidupi keluarganya sebelum menjadi anggota Dewan.

"Lantas dengan cara apa saya menghidupi keluarga saya? Kunci terpenting bahwa jadi pejabat itu harus sudah selesai dengan diri sendiri, jadi bisa lebih fokus dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Kebetulan saya juga mempunyai beberapa usaha yang sudah saya tekuni sebelum menjadi anggota Dewan. Kesimpulannya bahwa jadi anggota Dewan ini lebih kepada pengabdian diri saja," ketus Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) DPD PDIP Jakarta itu.

Oleh karena itu, Kent mengajak kepada seluruh elemen masyarakat walau pun di tengah pandemi Covid-19, untuk bisa lebih peduli kepada sesama, terutama bagi mereka yang terdampak akibat pandemi ini.

"Kita harus bisa saling berbagi di tengah pandemi seperti saat ini, walaupun nilainya tak seberapa, yang terpenting bisa bermanfaat bagi yang menerimanya," tutur Ketua IKAL (Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI) PPRA Angkatan LXII itu.

Kent berkomitmen akan terus berupaya memberikan bantuan kepada warga yang kurang mampu dan mendengar keluhannya. Dengan adanya pandemi Covid-19, dirinya berharap masyarakat agar lebih waspada dan harus mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah terlebih kini sudah muncul varian Omicron, dengan penyebaran cepat.

"Saya mengimbau kepada warga DKI Jakarta agar tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin dimanapun berada. Penyebaran virus akan terhenti jika dari diri kita yang benar-benar disiplin terhadap diri sendiri dan orang lain. Jangan bosan dan malas dalam melakukan standart protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer. Kita wajib bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri, dan orang lain," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)