Wujudkan Smart City, Pemkot Depok Raih Penghargaan dari Kominfo

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:20 WIB
loading...
Wujudkan Smart City, Pemkot Depok Raih Penghargaan dari Kominfo
Wali Kota Depok Mohammad Idris (empat kiri) menerima penghargaan Smart City dari Kementerian Kominfo di ICE BSD City, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (14/12/2021). Foto: Diskominfo
A A A
JAKARTA - Upaya menuju Kota Cerdas atau Smart City , Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta jajarannya untuk mengoptimalkan Depok Smart Pole (DSP). Smart pole merupakan penyediaan fasilitas tiang cerdas berkonsep modular yang memiliki berbagai fungsi lintas sektoral.

“Fungsi ini bisa digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah maupun masyarakat seperti penerangan jalan, penyediaan wifi, CCTV, deteksi genangan atau banjir, sensor kualitas udara, tombol darurat juga display informasi,” ujar Idris usai menerima penghargaan Smart City dari Kemkominfo di ICE BSD City, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (14/12/2021).
Baca juga: Menkominfo: Pembangunan Smart City Jawab Tantangan Kependudukan

DSP juga berfungsi sebagai lampu bahaya, speaker pengumuman, komunikasi dua arah, pengisian baterai perangkat/kendaraan listrik dan alat baca kartu identitas. DSP dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan layanan publik maupun pemantauan dari dinas.

“Perlu dilakukan koordinasi pemanfaatannya kepada dinas-dinas terkait. Pemanfaatan fitur Smart Pole bisa dilakukan bertahap sesuai skala prioritas dari dinas tersebut. Contoh, sensor pole udara dapat diletakkan di lokasi tertentu dan disebarluaskan secara bertahap,” katanya.
Baca juga: Memadukan Teknologi, Sejumlah Pemkot Berinovasi Membangun Smart City

Idris menyebut jika DSP dioptimalkan bisa menjadi cikal bakal pembangunan Internet of Thing (IoT). IoT yaitu teknologi yang memungkinkan satu objek mampu mengirim data lewat koneksi tanpa bantuan komputer dan manusia. "IoT itu untuk menunjang program transportasi, smart city, kesehatan dan energi yang pada akhirnya terciptanya efisiensi, monitoring secara praktis, serta koneksi lebih mudah,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)