Klaim Kelebihan Target Vaksinasi, Bupati Bogor Ade Yasin: Harusnya Sudah Bisa PPKM Level 1

Minggu, 28 November 2021 - 01:04 WIB
loading...
Klaim Kelebihan Target Vaksinasi, Bupati Bogor Ade Yasin: Harusnya Sudah Bisa PPKM Level 1
Bupati Bogor Ade Yasin menyebut, seharusnya PPKM di Kabupaten Bogor sudah turun ke level 1. Foto: MNC Portal/Putra Ramadhani A
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin menyebut, seharusnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di Kabupaten Bogor sudah turun ke level 1. Sebab, data terbaru dari BPS jumlah penduduk Kabupaten Bogor saat ini berjumlah 5,24 juta.

Jika dirasionalisasikan dengan target vaksinasi berdasarkan jumlah penduduk terkini, maka capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor sudah melebihi target. Bahkan sudah mencapai 70 persen. Baca juga: Penyeragaman PPKM Level 3 Jelang Nataru, Bupati Bogor Sebut Sudah Terbiasa

"Kemarin diskusi dengan Dinas Kesehatan dan Asisten ternyata vaksinasi kita kelebihan target karena target 4,2 juta itu dihitung dari 6 juta penduduk, sementara menurut survei terbaru BPS pada Agustus lalu hasil terakhir jumlah penduduk kita sebanyak 5,427 juta ketika hitung targetnya, seharusnya targetnya vaksinasi kita 3,78 juta penduduk yang harus divaksin," terang Ade Yasin di wilayah Kemang, Kabupaten Bogor, Sabtu (27/11/2021).

Menurutnya, berdasarkan jumlah penduduk capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor sudah 70 persen harusnya sudah bisa PPKM Level 1. Pemkab Bogor sudah membuat surat yang akan ditujukan kepada Gubernur Jabar sebagai Ketua Satgas Provinsi merevisi target vaksinasi Kabupaten Bogor.

"Kemarin waktu saya ke wilayah Jonggol di sana vaksinasi sudah 100 persen lebih dan di beberapa kecamatan memenuhi target dan sekarang kami semakin sulit mencari orang yang harus divaksin karena rata-rata sudah. Kalau kita tetap ditarget 4,2 juta agak sulit karena itu artinya sudah hampir 100 persen, jadi harus direvisi jumlah penduduk, dirasionalisasikan dengan jumlah target," jelasnya.





Menurut Ade Yasin, target 4,2 juta penduduk itu mungkin berdasarkan data tahun 2018 dimana jumlah penduduk Kabupaten Bogor pernah berada di angka 5,9 juta penduduk. Tetapi, setelah pandemi banyak penduduk yang pindah wilayah.

"Jadi ketika kami menerima survei terakhir dari BPS jumlahnya 5,427 juta penduduk, seharusnya dengan capaian vaksinasi sekarang, kita level 1. Kita sudah diskusi dengan Forkopimda dan membuat surat untuk disampaikan ke Kapolri, kami ingin ada perbaikan data. Surat akan kita kirim juga ke Gubernur tembusannya ke Pemerintah Pusat," tegas Ade Yasin.

Penurunan level PPKM menjadi penting karena ada kelonggaran aturan terutama di sektor ekonomi dan pariwisata. Jika dihitung kembali, Kabupaten Bogor sudah memenuhi syarat kelonggaran karena sudah 2 juta lebih masyarakat telah divaksin Covid-19. Baca juga: Kawal PPKM Mikro, Pemkab Bogor Tambah Kekuatan di 416 Desa dan 19 Kelurahan

"Revisi ini penting karena jangan sampai stuck di level 3, bahkan vaksinasi lansia jika target 4,2 juta maka vaksinasi lansia sudah 43 persen. Kalau pakai data terbaru dari BPS, ada 780 ribu lansia yang sudah divaksin artinya 50 persen lansia sudah divaksin dan kita sudah memenuhi syarat ke level 1, ini akan kami ajukan juga suratnya," tutupnya.
(mhd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2346 seconds (11.97#12.26)