Bikin KTP-KK di Bogor Kini Gampang, Disdukcapil Sediakan Layanan Drive Thru

Jum'at, 26 November 2021 - 19:33 WIB
loading...
Bikin KTP-KK di Bogor Kini Gampang, Disdukcapil Sediakan Layanan Drive Thru
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor membuka layanan drive thru di Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor. Foto: MPI/Dok Pemkot Bogor
A A A
BOGOR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor membuka layanan drive thru di Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor. Inovasi ini agar mempermudah layanan kepada masyarakat mengurus dokumen kependudukan , termasuk KTP dan Kartu Keluarga (KK).

"Saya apresiasi yang dilakukan Disdukcapil dan terima kasih atas kerja kerasnya. Mudah-mudahan yang dilakukan betul-betul dirasakan sama warga," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Bikin KTP-KK di Bogor Kini Gampang, Disdukcapil Sediakan Layanan Drive Thru


Bima sempat bercerita pada Juli 2018 mendapat kiriman foto dari warga yang mengantre layanan Disdukcapil dari subuh dan mencapai 1 kilometer.. Dari kejadian itu, Disdukcapil melakukan reformasi birokrasi dengan mulai membenahi sistem, berkoordinasi dengan wilayah, membenahi peralatan dan meningkatkan sumber daya manusia.



"Saya lihat hari ini semuanya sudah jauh lebih membaik. Ukurannya sederhana, dulu mayoritas direct message Instagram atau WhatsApp dari warga urusan KTP, kalau sekarang hampir sudah tidak ada yang mengeluh soal pengurusan KTP," bebernya.

Menurutnya, tugas nomor satu Disdukcapil memang di pencatatan dan pelayanan yang saat ini sudah lebih mudah. Namun, tetap Dukcapil juga dibutuhkan dalam hal pembenahan data-data kependudukan sebagai dasar membuat kebijakan, seperti data kemiskinan, kesehatan, UMKM, dan lainnya.

"Contoh ditarget vaksinasi di Kota Bogor 819 ribu orang, saat ini sudah 80 persen tapi setelah itu stuck dan disalib daerah lain dugaan saya mungkin ada persoalan di updating data," ungkap Bima.

Bikin KTP-KK di Bogor Kini Gampang, Disdukcapil Sediakan Layanan Drive Thru


Untuk itu, Bima berharap Disdukcapil bisa terus berinovasi bukan saja mempercepat pelayanan, tapi juga mempermudah dan membahagiakan warga. "Ini drive thru pertama di Indonesia. Kita akan bagi ke temen wali kota lain mungkin ada yang tertarik mengembangkan hal yang sama," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujatmiko Baliarto mengatakan, ada 40 kota dan kabupaten yang datang untuk belajar dan menjadi rujukan di Jawa Barat, karena inovasi drive thru ini pertama di Indonesia.

"Pelayanan tidak lebih dari 10 menit dan bebas calo. Kami juga ada drive thru malam untuk karyawan yang pulang kerja dan ada piket Sabtu-Minggu sehingga tetap bisa mengakses layanan di weekend," ucap Sujatmiko.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)