Dapat Bibit Pohon dari CSR Bank MNC, Komunitas Ciliwung-Condet Optimistis Lestarikan Lingkungan

Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:01 WIB
loading...
Dapat Bibit Pohon dari CSR Bank MNC, Komunitas Ciliwung-Condet Optimistis Lestarikan Lingkungan
Komunitas Kali Ciliwung-Condet, Jakarta Timur optimistis dapat menjadi contoh baik bagi wilayah lain di Ibu Kota dalam melestarikan lingkungan daerah aliran sungai (DAS) melalui penanaman pohon. SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Komunitas Kali Ciliwung-Condet, Jakarta Timur optimistis dapat menjadi contoh baik bagi wilayah lain di Ibu Kota dalam melestarikan lingkungan daerah aliran sungai (DAS) melalui penanaman pohon.

Pohon yang ditanam dan tumbuh itu berguna untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap melanda Jakarta. Sebab, keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) sendiri berfungsi sebagai area resapan air. (Baca juga; MNC Bank Bagikan Ratusan Pohon ke Komunitas Lestari Lingkungan di Condet )

Inisiator komunitas Ciliwung-Condet Kodir mengatakan, selain dapat meresap air, pohon yang tumbuh dapat dijadikan sarana edukasi dan tempat destinasi wisata bagi warga sekitar. Nantinya akan jadi informasi atau bahan edukasi konservasi perlindungan, pelestarian tanaman khas Condet, dan tanaman buah khas Indonesia

"Kami terima kasih sekali dengan partisipasi dari keluarga besar MNC Bank untuk menambah populasi tanaman yang ada di Condet ini," ujarnya di Jakarta Timur, Kamis (28/10/2021). (Baca juga; Pohon Tumbang, Jalan Akses Bekasi Utara Terputus )

Menurut dia, dengan berbagai macam pohon dan tanaman yang tumbuh di DAS Kali Ciliwung, diharapkan wilayah Condet dapat menjadi tempat yang tepat untuk destinasi wisata berbasis pendidikan.

"Seluruh daerah Ciliwung Condet ini merupakan sebuah destinasi wisata pendidikan. Sekarang ini sepanjang bentang Ciliwung Condet bisa dijadikan ruang destinasi wisata," ucapnya.

Kendati demikian, dalam mewujudkan destinasi wisata berbasis pendidikan yang diimpikan warga dibutuhkan peran pemerintah selaku pemangku kebijakan. Terutama dalam segi infrastruktur guna menarik wisatawan untuk berkunjung dan dapat memberikan manfaat dari segi perekonomian bagi warga sekitar.

"Kami terus terang berharap kepada pemerintah agar kelengkapan infrastrukturnya yang standar menjadi sebuah destinasi itu segara diimplementasikan. Saya mohon infrastruktur keamanan dan kenyamanan juga diperhatikan," tuturnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)