Pemkot Jakut Kebut Pembangunan Waduk Cincin TPU Rorotan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:56 WIB
loading...
Pemkot Jakut Kebut Pembangunan Waduk Cincin TPU Rorotan
Pemkot Jakarta Utara terus mempercepat pembangunan waduk sisi timur dan barat di area TPU Rorotan, Cilincing. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Utara terus mempercepat pembangunan waduk sisi timur dan barat di area TPU Rorotan , Cilincing. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi genangan.

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan mengatakan, pengerjaan Waduk Cincin di TPU Rorotan hingga saat ini baru mencapai 20%. "Persentasenya masih kecil sekitar 20% karena proses pengerjaannya baru dimulai pada bulan Agustus lalu dan masih berjalan hingga saat ini," kata Tjahyono saat dikonfirmasi, Sabtu (23/10/2021).

Lahan yang digunakan untuk pembuatan Waduk Cincin TPU Rorotan ini diperkirakan seluas tiga hektare. Dengan rincian, untuk sisi timur dua hektare sedangkan sisi barat satu hektare.

Saat ini, menurut Tjahyono, pihaknya masih melakukan pembuatan tanggul di sekitar waduk TPU Rorotan. Nantinya akan dibentuk seperti cincin dan pembatas antara kedua waduk itu adalah jalan menuju area makam.

"Kendala di lapangan adalah lahan yang basah karena terguyur hujan sehingga proses pengerukannya tidak maksimal. Jika lahannya kering akan mempermudah tahapan pengerukan," jelasnya.

Adapun keberadaan dari Waduk Cincin ini berfungsi sebagai tempat penampungan air yang diharapkan menjadi solusi untuk mencegah terjadinya genangan di area pemakaman. "Nanti akan dilanjutkan dengan pembuatan batas dan pembentukan waduk yang seperti cincin. Semoga dengan adanya waduk ini dapat mengatasi permasalahan genangan di TPU Rorotan," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)