Hari Santri Nasional, Anies Ingatkan Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 21:33 WIB
loading...
Hari Santri Nasional, Anies Ingatkan Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat Hari Santri Nasional 2021. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat Hari Santri Nasional . Anies mengingatkan perjuangan KH Hasyim Asy'ari dalam melawan penjajah di masanya.

"Hubbul wathon minal iman, bahwa mencintai negeri itu sebagian dari iman, sudah menjadi pegangan keseharian para santri. Tak bisa dipisahkan," kata Anies dalam akun Instagram, Jumat (22/10/2021) malam.



Anies mengungkapkan, dalam sejarah perjuangan bangsa para santri memiliki kontribusi besar dalam turut memastikan bahwa mempertahankan kemerdekaan benar-benar tuntas terlaksana. Para ulama, kyai, dan santri ikut turun tangan memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Hal ini erat kaitannya dengan sosok Mbah Hasyim Asy’ari yang kemudian merumuskan resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 di Surabaya. Beliau adalah sesepuh dan salah satu paku bangsa Indonesia, yang kemudian mendorong para kyai dan santri di berbagai penjuru tanah air, untuk ikut bersama-sama mempertahankan kemerdekaan Indonesia," kata Anies.



"Insya Allah setiap tahun kita akan merayakan dan menebalkan komitmen kita demi agama dan bangsa ini. Bahwa setiap jengkal tanah, dan setiap embusan nafas bangsa Indonesia ini, akan senantiasa mengikuti arahan para alim ulama dan kyai pendiri bangsa ini," sambungnya.

Menurut Anies, sudah tugas bersama melunasi semua janji mereka. Negara hadir untuk memastikan bahwa janji-janji para pejuang terpenuhi.

"Berangkat dari inspirasi para pendahulu, pada masa ini para santri ikut turun tangan, terlibat langsung menghadapi tantangan pandemi. Ini bagian dari ikhtiar kita untuk terus kontribusi menghadapi masalah, tidak tinggal diam," ucapnya.

Pada peringatan Hari Santri tahun ini, kata Anies, tidak hanya mengenang apa yang sudah dilakukan pada masa lalu. Tapi juga kesempatan untuk menata bagaimana bisa berkontribusi di masa kini. Para santri tetap memainkan peran, tetap turun tangan, tetap terlibat.

"Selamat Hari Santri. Semoga kita selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT," tutup Anies.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)