Cagar Budaya, Planetarium TIM Belum Tersentuh Revitalisasi

Minggu, 17 Oktober 2021 - 08:31 WIB
loading...
Cagar Budaya, Planetarium TIM Belum Tersentuh Revitalisasi
Planetarium menjadi salah satu bangunan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Foto : Jonathan Simanjuntak/MPI
A A A
JAKARTA - Planetarium menjadi salah satu bangunan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta Pusat . Meskipun revitalisasi dilakukan di kawasan TIM, namun wujud Planetarium dianggap tidak akan berubah. Sebab, Planetarium masuk dalam kategori Cagar Budaya.

Bahkan, tanah hasil revitalisasi depan Planetarium harus dibuat miring agar bangunan bentuk kubah tersebut dapat terlihat dari bagian depan. ”Kami lebih banyak revitalisasi di interiornya, dan untuk luarnya memang kami tidak sentuh banyak karena Cagar Budaya," kata Officer Pengendalian Biaya dan Waktu, Farhan Hardiputra, Minggu (17/10/2021).

Meski luar bangunan itu tidak disentuh, Farhan mengaku pihaknya sedang mengerjakan proyek di sekeliling Planetarium. Dari pembangunan tersebut nantinya akan terbentuk suatu tempat latihan para seniman dan sebagai ruang pameran karya seni.

"Jadi ada area pusat latihan seni itu orang orang latihan seni, lalu ada area pusat jajanan, tadi sebagai gantinya foodcourt yang existing dulu, lalu ada Galery Cipta juga yaitu ruang pameran untuk lukisan karya seniman lainnya," ucapnya.


Sementara bagian dalam Planetarium tetap akan menyediakan ruang auditorium dan ruangan 3D. Farhan juga mengatakan bahwa nantinya Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akan menyediakan bioskop non-komersial.

“Nanti kita ada komunitasnya (bioskop non komersil), nanti kita kasih tempat, ruangannya, nanti orang mungkin sambil jalan bisa bayar untuk nonton film-film non komersil," tuturnya.


Farhan mengaku, dalam pembangunan tersebut pihaknya telah berkolaborasi dengan sejumlah seniman. "Kalau untuk ruang-ruang itu semua kita berkolaborasi dengan seniman, misalnya kurang ruang latihan terus juga butuh galeri di mana."
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)