Kaki Terancam Membusuk Usai Digigit Ular, Bocah di Tangsel Butuh Bantuan

Kamis, 07 Oktober 2021 - 01:18 WIB
loading...
Kaki Terancam Membusuk Usai Digigit Ular, Bocah di Tangsel Butuh Bantuan
Gerak tubuh MO, bocah 6 tahun, terbatas lantaran salah satu punggung telapak kakinya membengkak dengan luka menganga usai digigit ular beberapa waktu lalu. FOTO/SINDOnews/HAMBALI
A A A
TANGERANG SELATAN - Aktivitas MO (6) kini lebih banyak berada di atas pembaringan. Gerak tubuhnya terbatas lantaran salah satu punggung telapak kakinya membengkak dengan luka menganga usai digigit ular beberapa waktu lalu.

Hingga kini belum diketahui jenis ular apa yang menggigit MO. Namun yang pasti, imbas luka gigitannya berdampak luas pada bagian punggung telapak kaki kanan.

Bocah malang itu telah menjalani perawatan intensif selama sekitar 6 hari di RSU Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Bahkan setelahnya, kontrol juga dilakukan di Puskesmas terdekat.

Baca juga: Mimpi Digigit Ular: Jika yang Digigit Tangan Kanan Bakal Dapat Duit Banyak

Ayah MO, Saidin (47), menuturkan, awalnya dia tak tahu jika putrinya itu digigit ular. Selepas pulang bekerja sebagai kuli bangunan, Saidin kaget karena tangis MO tak juga mereda sambil mengeluh sakit dan gatal di bagian kaki.

"Waktu itu langsung saya bawa ke Puskesmas, tapi di sana dirujuk ke RSU. Terus saya bawa ke RSU, di sana dicek segala macem dan baru tahu ternyata ada bekas gigitan ular di kaki," kata Saidin ditemui di kediamannya, Gang Adil, RT16 RW04, Setu, Kota Tangsel, Rabu (06/10/21).

Pihak RSU langsung melakukan penanganan medis. Perawatannya pun harus memakan waktu hingga 6 hari. Setelah dianggap membaik, petugas mempersilakan keluarga membawa MO pulang ke rumah.

"Di sana sekitar 6 hari, terus disuruh pulang, katanya tinggal pemulihan saja. Akhirnya saya bawa pulang," katanya.

Baca juga: Kena Covid-19 Parah Sama Rasanya Seperti Digigit Ular Berbisa

Namun selepas itu, luka di bagian gigitan ular terasa semakin gatal. Luka-luka di bagian kulit yang sudah mengering lalu terkelupas. Kondisi demikian terus bertambah buruk, karena lukanya justru melebar dan membuat bagian dalam kaki ikut mengeluarkan cairan.

"Itu lukanya makin lebar, dan sekarang bengkak. Jalan bisa, tapi pelan-pelan karena sakit kalau digerakin," kata Saidin.

Ia berharap, luka kaki anaknya cepat normal seperti sedia kala. Dia pun membuka uluran tangan bagi siapa pun yang mau membantu obat-obatan bagi kesembuhan anak pertamanya itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)