Aplikasi PeduliLindungi di Bandara Soetta Down, Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Dilakukan Manual

Senin, 04 Oktober 2021 - 20:54 WIB
loading...
Aplikasi PeduliLindungi di Bandara Soetta Down, Pemeriksaan Sertifikat Vaksin Dilakukan Manual
Aplikasi PeduliLindungi untuk pemeriksaan sertifikat vaksin di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, sempat mengalami gangguan pada Senin (4/10/2021).Foto/MPI/Isty Maulida
A A A
TANGERANG - Aplikasi PeduliLindungi untuk pemeriksaan sertifikat vaksin di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) , Tangerang, sempat mengalami gangguan pada Senin (4/10/2021). Akibatnya, antrean penumpang yang akan melakukan prosedur check-in mengular cukup panjang.

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muwardi mengatakan, proses pemeriksaan serifikat vaksin untuk keberangkatan penumpang akhirnya dilakukan secara manual. Namun, hal tersebut tidak sampai menimbulkan penumpukan penumpang.

"Tapi tidak sampai terjadi penumpukan penumpang, masalah bisa kami atasi dengan cara manual," kata Holik pada Senin (4/10/2021).Data penumpang berupa sertifikat vaksin dan juga hasil test PCR diperiksa melalui bukti fisik atau print out.

Cara ini cukup memakan waktu jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang hanya butuh beberapa detik."Tapi pada prinsipnya antrean penumpang telah teratasi," kata Holik.

Gangguan pada aplikasi PeduliLindungi sebenarnya sudah terjadi beberapa kali di Bandara Soetta. Namun hal tersebut tidak termasuk dalam kewenangan PT Angkasa Pura II. "Kami hanya mengatasi dan mencari solusi dari dampak ketika aplikasi itu tidak bisa diakses," ujarnya.

Holik berharap instansi berwenang dapat mengevaluasi dan menyempurnakan aplikasi PeduliLindungi agar tidak kembali down dan proses keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar.

Sebelumnya diketahui bahwa calon penumpang pesawat diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan.Aplikasi tersebut akan memastikan proses validasi dokumen kesehatan penumpang pesawat di bandara dilakukan secara digital sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sangat mendukung protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)