Cegah Stunting di Bekasi, Bunda Duta Gizi Dihadirkan dalam Rumah Bunda Sehat

Senin, 04 Oktober 2021 - 13:11 WIB
loading...
Cegah Stunting di Bekasi, Bunda Duta Gizi Dihadirkan dalam Rumah Bunda Sehat
Kota Bekasi dengan jumlah penduduk yang tinggi berpotensi memiliki berbagai masalah sosial, termasuk stunting. Foto: Ist
A A A
BEKASI - Danone Indonesia menghadirkan Bunda Duta Gizi dalam program Rumah Bunda Sehat fase kedua di Kota Bekasi . Program ini Sebagai bentuk intervensi penanganan stunting .

Kota Bekasi dengan jumlah penduduk yang tinggi, karakter masyarakat yang heterogen serta mobilitas yang tinggi, berpotensi memiliki berbagai masalah sosial di masyarakat, termasuk kesehatan seperti stunting. Stunting pada anak usia dini perlu mendapatkan perhatian khusus, karena menyebabkan buruknya kemampuan kognitif, terhambatnya pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan status kesehatan.

Sejak 2020, Kota Bekasi menjadi salah satu kota lokasi fokus pencegahan dan penanggulangan stunting terintegrasi di Indonesia. Hal itu dengan ditetapkannya 24 kelurahan yang menjadi lokasi fokus (lokus) stunting di area Bekasi.



Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menyebutkan, terlepas dari situasi pandemi yang dialami, pihaknya juga memberi perhatian akan permasalahan gizi dan nutrisi ibu dan anak, termasuk stunting.

"Dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kota Bekasi, kami berfokus pada intervensi spesifik penyebab langsung dan intervensi sensitif untuk penyebab tidak langsung," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, dalam keterangan tertulis dari Human Initiative, Senin (4/10/2021) di Bekasi.

Pihaknya juga berupaya untuk menjalin keterlibatan dan kerja sama multipihak untuk penanggulangan stunting di Kota Bekasi. Mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi sesuai dengan aksi intervensi yang telah ditetapkan.

"Untuk itu, saya mengapresiasi kehadiran Rumah Bunda Sehat yang terus ditingkatkan perluasan programnya termasuk pada fase 2 ini, sebagai upaya preventif dan promotif yang sangat diperlukan agar para orang tua lebih memerhatikan dan memantau tumbuh kembang anaknya,” tandasnya.

Sementara itu, Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan, Rumah Bunda Sehat (RBS) digagas oleh Danone Indonesia sejak 2016. Ini sebagai salah satu program berbasis komunitas yang berfokus pada edukasi nutrisi untuk ibu dan anak serta pemberdayaan ekonomi.

Pendirian RBS ini telah hadir di Bekasi di daerah Pekayon Jaya dengan inisiatif di lapangan berupa pembentukan para perwakilan dalam Bunda Duta Gizi sebagai satelit di masyarakat dan menjangkau lebih dari 1000 masyarakat. Untuk memperluas penerima manfaat, Danone Indonesia meluncurkan program RBS fase kedua di daerah Medan Satria, Kota Bekasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2618 seconds (0.1#10.140)