Anies Siapkan Tiket Transportasi Murah untuk Pelajar, Pensiunan, dan Veteran

Rabu, 29 September 2021 - 17:45 WIB
loading...
Anies Siapkan Tiket Transportasi Murah untuk Pelajar, Pensiunan, dan Veteran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan sistem tiket transportasi murah untuk pelajar, pensiunan, dan veteran.

Menurut dia, transportasi umum bukanlah sekadar memindahkan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Namun, juga sebagai penghargaan terhadap suatu golongan yang dihadirkan oleh Pemprov DKI Jakarta. “Ini simbol kota Jakarta dalam memberikan penghargaan untuk orang yang berjasa,” ujar Anies saat peresmian transportasi terintegrasi penataan Stasiun Tebet dan Palmerah, Jakarta, Rabu (29/9/2021).
Baca juga: Integrasi Transportasi Jabodetabek, Anies: Naik Angkutan Umum Kita Lebih Produktif

Pada kesempatan tersebut, dia juga melakukan soft launching ticketing dan SuperApp JakLingko. “Sistem ini memungkinkan adanya price difference sehingga kita bisa memberikan harga berbeda untuk penumpang-penumpang yang berjasa di Jakarta,” katanya.

Anies berharap masyarakat mulai menggunakan transportasi umum. “Kita berharap dengan pengintegrasian ini lebih banyak warga yang merasakan naik angkutan umum,” ujarnya.

Menurut dia, penggunaan transportasi umum memiliki keuntungan. Transportasi umum terjangkau baik dalam rute, biaya, maupun estimasi waktu dalam perjalanan. “Itu pilihan yang rasional karena terjangkau secara jarak, biaya, predictable secara waktu, dan bisa sambil mengerjakan aktivitas lain sehingga naik angkutan umum kita akan lebih produktif,” katanya.
Baca juga: Resmikan Integrasi Stasiun Tebet, Anies Harap Transportasi Jabodetabek Makin Setara dengan Kota Maju Dunia

Kehadiran transportasi terintegrasi merupakan buah kolaborasi Pemprov DKI dengan berbagai pihak dari Kementerian BUMN sampai swasta. Nanti payung hukum akan disediakan oleh Kemenhub, kemudian Kementerian BUMN dengan Pemprov DKI bekerja dalam mewujudkan bentuk operasionalnya.

“Acara ini monumental bukan hanya sebagai batu loncatan pelayanan transportasi yang lebih baik, tetapi juga membuktikan bahwa kolaborasi jika dikerjakan serius tuntas, maka manfaatnya amat dirasakan masyarakat,” ujar Anies.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)