14 Instansi Telah Bergabung di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi

loading...
14 Instansi Telah Bergabung di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi
Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lotte Mart Cikarang, Jalan Gatot Subroto, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi segera mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lotte Mart Cikarang, Jalan Gatot Subroto, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. MPP ini sebagai salah satu wujud inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

”Kalau tidak ada halangan tahun ini MPP sudah bisa beroperasi dan melayani masyarakat Bekasi,” kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Sandra Iis Yanti, Sabtu (18/9/2021). (Baca juga; Kabupaten Bekasi Persiapkan Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata )

Menurut dia, saat ini pemerintah daerah terus berkordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sedikitnya ada 14 instansi yang telah bergabung untuk memberikan pelayanan di MPP dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah.

”Tenant sudah siap. Sementara ini ada 14 instansi yang sudah bergabung termasuk yang dari luar pemerintah, seperti kantor imigrasi, kementerian agama, pengadilan agama, perbankan hingga kepolisian,” ucapnya. (Baca juga; 95% Sekolah di Kabupaten Bekasi Gelar PTMT, 29 Sekolah Belum Diizinkan )



Iis berharap keberadaan MPP dapat mempercepat dan mempermudah Pemkab Bekasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berjumlah hampir mencapai 3 juta jiwa.”Kalau semua persyaratan lengkap prosesnya akan singkat dan jaraknya juga lebih dekat untuk mengurus KTP, menurus KK, mengurus akta nikah, izin usaha bisa di MPP,” harapnya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bekasi Sutia Resmulyawan mengatakan, pemerintah sedang melakukan penataan MPP di sana. Menurut dia, pusat perbelanjaan dinilai strategis dijadikan lokasi pelayanan publik. ”Kriteria lokasinya masuk, dan lokasinya paling memungkinkan dan tepat untuk dijadikan MPP,” ungkapnya.

Di sana sudah mulai dibangun sejumlah gerai layanan publik mulai dari layanan administrasi kependudukan, pelayanan izin, hingga pembuatan paspor. Selain itu di tempat yang sama juga akan didirikan gerai layanan pembayaran pajak kendaraan.Kemudian perpanjangan SIM, bahkan balai nikah dan perbankan juga turut melayani warga Kabupaten Bekasi.

Jadi semua layanan tersedia dan akan berkumpul menjadi satu di Lotte Cikarang. Apalagi, keberadaan MPP memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi. ”Yang jelas saat ini kita sedang mempersiapkan instrumen-instrumennya terlebih dahulu. Apabila pandemi ini selesai, segera kita soft launching,” tegasnya.
(wib)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top