Kenang Setahun Kepergian Saefullah, Anies Ganti Nama GOR Rorotan Jadi GOR Sekda Saefullah

Kamis, 16 September 2021 - 21:58 WIB
loading...
Kenang Setahun Kepergian Saefullah, Anies Ganti Nama GOR Rorotan Jadi GOR Sekda Saefullah
GOR Rorotan resmi dinamakan sebagai GOR Sekda Saefullah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan langsung nama baru GOR Rorotan itu, Kamis (16/9/2021). Foto: Facebook Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gelanggang olahraga (GOR) Rorotan resmi dinamakan sebagai GOR Sekda Saefullah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan langsung nama baru GOR Rorotan itu, Kamis (16/9/2021), tepat setahun Saefullah meninggal dunia .



GOR yang rampung pembangunannya pada 2019 itu terletak di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Rorotan adalah tanah kelahiran almarhum Sekda DKI Saefullah pada 57 tahun silam.

Kenang Setahun Kepergian Saefullah, Anies Ganti Nama GOR Rorotan Jadi GOR Sekda Saefullah

Foto kenangan almarhum Saefullah saat peresmian GOR Rorotan pada 2019 lalu, yang dibagikan Anies Baswedan dalam akun Facebooknya, Kamis (16/9/2021).

Sebagian besar hidupnya dihibahkan untuk membangun kampung dan kota kelahirannya. Dari menjadi ketua RW di Rorotan, menjadi guru, wali kota, hingga menjadi sekda, semua dijalankannya dengan sepenuh hati.

"Izinkan nama almarhum Saefullah terabadikan di gelanggang ini sebagai kenangan atas kontribusi panjangnya bagi kotanya yang ia banggakan dan bagi warganya yang ia cintai," ujar Anies.

Penamaan nama GOR Sekda Saefullah berlandaskan Keputusan Gubernur Nomor 28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penetapan Nama Jalan, Taman dan Bangunan Umum di DKI Jakarta. Penggantian nama tersebut juga telah disahkan dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 115 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Gelanggang Olahraga Sekda Saefullah.

Anies mengatakan, penamaan ini diresmikan tepat setahun wafatnya almarhum Saefullah pada 16 september 2020. Hal ini dilakukan untuk mengenang, dan menghargai, sekaligus menghormati jasa almarhum untuk DKi Jakarta.

Kenang Setahun Kepergian Saefullah, Anies Ganti Nama GOR Rorotan Jadi GOR Sekda Saefullah

Gubernur Anies bersama istri menyempatkan ziarah ke makam almarhum Saefullah.

"Sekaligus juga penamaan ini untuk menjadi inspirasi bagi para anak muda, generasi baru di kawasan Rorotan. Mereka bisa menyaksikan bahwa ada putra Rorotan yang tumbuh besar, di saat tempat ini masih minim fasilitas, masih minim infrastruktur, dan bisa menjadi pribadi yang memberikan manfaat amat besar bagi Ibu Kota," kata Anies.

Anies berharap penamaan tersebut bisa menginspirasi anak muda di Rorotan, sehingga mampu menyamai prestasi almarhum Saefullah ketika masih hidup. Anies menitipkan pesan kepada warga sekitar agar mampu memanfaatkan GOR Sekda Saefullah dengan sebaik mungkin.

"Kita berharap nantinya tempat ini terus menjadi tempat menguatkan simpul persaudaraan di masyarakat Rorotan sekaligus juga harapannya muncul atlet berprestasi dari tempat yang amat baik ini. Insya Allah penamaan ini menandai seperti tertulis dalam prasasti, menjadi penanda aliran pahala tanpa henti untuk almarhum. Pesan terakhir, harap ini semua dijaga dengan baik, dihaga kerapihan, ketertiban dan kebersihan sehingga GOR ini bisa awet," pungkas Gubernur Anies.

Peresmian nama GOR Sekda Saefullah tersebut turut dihadiri Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Kadispora DKI Achmad Firdaus; para keluarga almarhum, alim ulama, serta tokoh masyarakat setempat.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)