DVI Tunggu Data Antemortem WNA Afrika Selatan dan Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Jum'at, 10 September 2021 - 19:06 WIB
loading...
DVI Tunggu Data Antemortem WNA Afrika Selatan dan Portugal Korban Kebakaran Lapas Tangerang
Konsultan Operasi DVI Kebakaran Lapas Tangerang, Kombes Pramujoko.Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri masih menunggu data antemortem tiga anggota keluarga korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang . Dua di antarnya merupakan data antermortem milik WNA Afrika Selatan dan Portugal yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

Konsultan Operasi DVI Kebakaran Lapas Tangerang, Kombes Pramujoko mengatakan, data antemortem itu sangat diperlukan Tim DVI guna mempermudah proses identifikasi 41 jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang.

"Update terakhir tinggal tiga orang, jadi tinggal dua WNA dan satu orang lagi. Dua WNA itu belum terkirim datanya (DNA antemortem)," ujar Pramujoko di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021).

Dikatakan Pramujoko, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Afrika Selatan dan Portugal untuk meminta data antemortem.

"Kalau dari kedutaan mengirim sudah hasil (bentuk) DNA lebih bagus. Tapi kalau mengirim sampel darah saja kita kerjakan. Mau kirim sampel rambut kita kerjakan. Kita ekstrak di sini DNA-nya," ujarnya.

Pramujoko menuturkan, dari total 41 jenazah narapidana korban tewas kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang Tim DVI sudah mendapat 44 sampel DNA antemortem untuk data pembanding identifikasi.

"Satu korban bisa diambil sampel DNA dua orang, misalnya ayah dan ibunya. Kalau data DNA postmortem sudah diambil semua dari ke 41 jenazah. Dari awal sudah diambil semua," tuturnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)