17 Mal di Kota Bekasi Kembali Dibuka, Pengunjung Bisa Vaksin di Tempat

Kamis, 19 Agustus 2021 - 09:44 WIB
loading...
17 Mal di Kota Bekasi Kembali Dibuka, Pengunjung Bisa Vaksin di Tempat
Sebanyak 17 pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Kota Bekasi sudah kembali beroperasi sebagian kemarin dan menyusul hari ini beberapa mal. Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Sebanyak 17 pusat perbelanjaan atau mal di wilayah Kota Bekasi sudah kembali beroperasi sebagian kemarin dan menyusul hari ini beberapa mal. Pemerintah daerah bersama pengelola mal menyiapkan gerai vaksinasi demi membantu calon pengunjung mendapatkan layanan vaksinasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi Teddy Hafni mengatakan, seluruh mal yang ada di wilayahnya sudah kembali diizinkan untuk beroperasi. Salah satu persyaratan yang harus disiapkan pengelola mal saat kembali beroperasi itu, yakni setiap mal diwajibkan menyiapkan gerai vaksinasi.



”Salah satu syarat bagi warga untuk masuk mal itu yang sudah divaksin. Untuk memudahkan masyarakat masuk ke mal, kami minta pengelola memfasilitasi dan membuka gerai-gerai vaksinasi di mal,” katanya, Kamis (19/8/2021).

Pengunjung mal yang belum mengikuti vaksinasi bisa mengikuti vaksinasi di gerai vaksinasi mini di setiap mal di daerah itu. Penyiapan gerai vaksinasi ini sangat penting lantaran berdasarkan data Satuan Tugas Covid-19 Kota Bekasi, hingga 15 Agustus 2021, capaian vaksinasi Covid-19 di daerah itu baru menyasar 576.751 orang. Untuk dosis pertama atau 28,61 persen dan 290.719 orang untuk dosis kedua atau 14,42 persen. Di Kota Bekasi, target vaksinasi menyasar 2.016.006 orang.

Teddy menambahkan, pengecekan kesiapan gerai vaksinasi di mal sudah dilakukan pemerintah daerah sejak 14 Agustus 2021. Gerai vaksinasi yang ada di mal juga sudah mulai dimanfaatkan untuk memvaksin calon pengunjung mal.”Kami juga akan mencoba membuka gerai-gerai antigen, untuk komorbid bisa memiliki akses yang sama untuk masuk mal,” ucapnya.



Pembukaan mal sejak kemarin merupakan satu dari berbagai aspek ekonomi lain yang mulai dilonggarkan untuk kembali beroperasi di masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 dari 17 Agustus sampai 23 Agustus 2021. Operasional mal dari pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Sementara Pimpinan Unit Metropolitan Mall Bekasi Amran Nukman, mengatakan, dalam pembukaan mal pihak pengelola masih menghadapi banyak kendala. Salah satunya alat skrining sertifikat vaksin dari aplikasi pedulilindungi yang sering tak membaca data calon pengunjung.”Memang ada kendala, tapi sudah normal kembali pada hari ini,” katanya.

Metropolitan Mall, kata dia, juga menyiapkan gerai vaksinasi mini yang diperuntukkan bagi pengunjung mal yang akan masuk ke mal tetapi belum mendapat vaksin. Gerai mini hasil kerja sama dengan dinas kesehatan itu setiap hari menyiapkan 30 dosis vaksin.”Masih ada salah kaprah di masyarakat. Mereka datang bukan untuk masuk mal, tetapi untuk vaksin,” ucapnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)