Mendagri Minta Tangsel Sediakan Tempat Isoman Terpusat hingga Tingkat Kelurahan

Selasa, 27 Juli 2021 - 17:09 WIB
loading...
Mendagri Minta Tangsel Sediakan Tempat Isoman Terpusat hingga Tingkat Kelurahan
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie di Balai Kota Tangsel. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota Tangerang Selatan ( Pemkot Tangsel ) diminta menyediakan tempat isolasi mandiri (Isoman). Karena, tempat isolasi mandiri yang ada saat ini masih terlalu minim.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta Pemkot Tangsel bisa menambah tempat-tempat isoman terpusat. Bukan hanya pada tingkat kota, tetapi juga hingga kelurahan, untuk gejala ringan dan sedang.

"Diperbanyak tempat isoman terpusat di tingkat kecamatan, kelurahan, syukur kalau bisa sampai ke tingkat kampung," kata Tito kepada SINDOnews, Selasa (27/7/2021).

Dengan semakin banyaknya tempat isoman terpusat, maka pasien Covid-19 dengan gejala berat bisa masuk perawatan di rumah sakit. Sedang bagi pasien dengan gejala ringan, bisa isoman di tempat yang disiapkan.

"Jadi, bagi masyarakat yang positif belum berat bisa dirawat di sana, tidak masuk ke tempat perawatan Covid-19. Itu untuk yang gejalanya (berat) tidak turun-turun," jelasnya.

Dilanjutkan dia, keberhasilan penanganan Covid-19 di Kota Tangsel akan mempengaruhi kabupaten dan kota lainnya yang berada di wilayah luar DKI Jakarta. Sehingga, pola penanganannya di Tangsel jadi perhatian.

"Keberhasilan penanganan di Tangsel akan mempengaruhi wilayah sekitarnya, karena aglomerasi, saling timpang. Karena tidak adanya batas alam, yang ada hanya batas adminiatrasi pada peta saja," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya memang berencana melakukan penambahan tempat tidur untuk isoman pasien gejala ringan.

"Kami juga sedang mengefektifkan tambahan tempat tidur di RS Serpong Utara dengan 150 tempat tidur, paling tidak 100 tempat tidur untuk penanganan Covid-19 bagi yang gejala ringan dan sedang," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)