Sejarah Ambulans, Rumah Sakit Berjalan yang Dulu Berwujud Gerobak dan Jadi Pertolongan Pertama Tentara

loading...
Sejarah Ambulans, Rumah Sakit Berjalan yang Dulu Berwujud Gerobak dan Jadi Pertolongan Pertama Tentara
Gerobak ambulans pertama kali digunakan untuk transportasi darurat di Spanyol pada tahun 1487. Foto: anehdidunia.com
JAKARTA - Mobil ambulans saat ini menjadi kendaraan transportasi yang paling dibutuhkan untuk mengantarkan pasien Covid-19 ke puskesmas, rumah sakit , hingga RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Karena itu, daya jelajah ambulans harus masif dan diupayakan tidak ada gangguan di jalan raya.

Di balik gesitnya ambulans dalam misi kemanusiaan ternyata ambulans memiliki sejarah panjang. Ambulans memang tak bisa dipisahkan dari dunia medis atau kesehatan.
Baca juga: Viral, Rombongan Truk TNI Menepi Saat Sirine Ambulans Bunyi

Dihimpun dari berbagai sumber, ambulans berasal dari kata Latin ambulare yang berarti berjalan dan awalnya merujuk rumah sakit berjalan atau rumah sakit lapangan.

Rumah sakit berjalan ini mulai ada pada abad ke-14 dan mengalami banyak perkembangan sejak abad ke-15 yang dipicu oleh situasi perang.
Sejarah Ambulans, Rumah Sakit Berjalan yang Dulu Berwujud Gerobak dan Jadi Pertolongan Pertama Tentara

Ambulans masa Perang Dunia I dan II. Foto: warnainfo.blogspot.com

Awalnya ambulans berbentuk gerobak yang ditarik kuda dan membawa peralatan medis seperti bidai, pompa perut, morfin, dan brendi. Ambulans digunakan untuk mengangkut tentara yang terluka ke rumah sakit atau membawa ahli bedah ke medan perang demi memberikan perawatan medis.

Sejak tahun 1800-an, ambulans mulai mengalami sejumlah perkembangan hingga seperti sekarang. Ambulans umumnya berbentuk mobil berwarna putih yang dilengkapi sirine agar bisa menembus kemacetan, bahkan di era modern saat ini ambulans berwujud helikopter.



Berdasarkan laman wikipedia.org yang dikutip, Senin (5/7/2021), gagasan ambulans pertama kali muncul oleh konsep dari Knights of St John. Selama Perang Salib abad ke-11, Knights of St John menerima pengajaran dalam perawatan pertolongan pertama dari dokter Arab dan Yunani.
Baca juga: Bising, Warga Rorotan Keluhkan Sirine Ambulans Pembawa Jenazah dan Pasein Covid-19

The Knights of St John kemudian bertindak sebagai pekerja darurat pertama yang mengobati tentara di kedua sisi perang di medan perang sekaligus membawa yang terluka ke tenda terdekat untuk perawatan lebih lanjut.

Dokter bedah dari French Army Grand, Baron Dominiquie Larrey menciptakan korps khusus medis dengan official pertama kali pada tahun 1972. Tenaga terlatih lengkap dengan peralatan bergerak keluar dari rumah sakit untuk memberikan pertolongan pertama kepada prajurit yang terluka dan atau membawa mereka kembali dengan tandu dan gerobak ke rumah sakit.

Ambulans yang telah dilengkapi mesin telah digunakan sejak awal abad ke-20. Pada 1950-an Amerika Serikat mempelopori dengan helikopter-ambulans selama Perang Korea. Pada tahun 1968, St Vincent's Hospital di New York City memulai mobile pertama unit perawatan koroner.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top