Warga Pondok Aren Bengkak di Wajah Usai Suntik Vaksin Corona Vac, Begini Penjelasan Kemenkes

Rabu, 23 Juni 2021 - 16:27 WIB
loading...
Warga Pondok Aren Bengkak di Wajah Usai Suntik Vaksin Corona Vac, Begini Penjelasan Kemenkes
Agus Purjantoro mengalami bengkak-bengkak pada bagian wajahnya setelah disuntik dosis pertama vaksin Corona Vac di Puskesmas Pondok Aren, Tangsel. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
JAKARTA - Warga Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bernama Agus Purjantoro mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yakni bengkak-bengkak pada bagian wajahnya setelah disuntik dosis pertama vaksin Corona Vac di Puskesmas Pondok Aren.

Merespons efek vaksin ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan hal ini bisa saja koinsiden. Artinya, kejadian ini bisa saja diakibatkan ataupun tidak diakibatkan atau berhubungan dengan vaksinasi. “Bisa saja koinsiden ya,” kata Nadia, Rabu (23/6/2021).
Baca juga: Suntik Vaksin Corona Vac, Wajah Pria di Pondok Aren Bengkak dan Mengeluarkan Cairan

Dia meminta lebih lanjut untuk mengonfirmasi kejadian ini kepada Komisi Nasional (Komnas) KIPI. “Langsung Komnas KIPI ya,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada respons dari Komnas KIPI terkait efek samping vaksin Corona Vac ini.

Agus disuntik vaksin Sinovac pada 6 Juni 2021 di Puskesmas Pondok Aren. Usai disuntik, dia mengaku tidak merasakan gejala apapun. Dia baru mulai merasakan gejala keesokan harinya 7 Juni 2021.
Baca juga: Diduga Usai Divaksin, Perempuan Ini Mengerang Ketakutan dan Kesakitan

Agus juga sempat menghubungi petugas Puskesmas yang tertera di sertifikat vaksin miliknya. Kemudian, dia disarankan ke UGD Puskesmas Pondok Aren. Anehnya, dokter puskesmas bilang tidak apa-apa dan hanya diberi obat.

Kemudian, Agus mendapat rujukan ke RSUD Kota Tangsel di Pamulang karena bengkak semakin membesar. Namun, harus kembali menunggu 4 hari kemudian apakah harus mendapatkan perawatan atau tidak.

Selanjutnya, Agus pun ke dokter IMC Bintaro. Akhirnya dia tahu jika bengkak-bengkak pada wajahnya diduga akibat suntik vaksin Sinovac. Meski, dokter di IMC Bintaro juga membuka opsi lain kemungkinan penyebab lainnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)