Cengkareng Penyumbang Tertinggi Kasus Covid-19 di Jakarta, Begini Respons Camat

loading...
Cengkareng Penyumbang Tertinggi Kasus Covid-19 di Jakarta, Begini Respons Camat
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Seiring melonjaknya kasus Covid-19 per hari di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, menjadi perhatian warga DKI Jakarta. Tingginya kasus positif itu diduga warganya tidak mengindahkan protokol kesehatan (Prokes).

"Warga masyarakat ini semakin abai kalau saya lihat. Mungkin karena bosan memuncak dengan berbagai pengetatan sehingga tingkat kesadaran untuk melakukan protokol kesehatan ini semakin abailah begitu," kata Camat Cengkareng Ahmad Faqih saat dihubungi, Senin (21/6/2021).

Faqih menjelaskan, tidak ditemukan klaster-klaster penyebaran tertentu secara spesifik yang menyebabkan tingginya kasus Covid-19. Baca juga: Covid-19 Melonjak, Pemerintah Tak Terapkan Lockdown, Ini Alasannya

"Kalau secara spesifik dikarenakan klasternya apa, enggak jelas juga karena memang banyak kegiatan," tambahnya.

Kendati demikian, lanjutnya, salah satu lokasi yang mendapat perhatian khusus adalah Pasar Jalan Baru (JB) Cengkareng Jalan Ruko Mutiara Palem Raya, Kelurahan Cengkareng Timur.

"Nah yang paling diawasi Pasar JB itu. Kita pengetatan ekstra jam 21.00 sudah harus bubar," kata Faqih.



Ia mengungkapkan, hanya ada satu wilayah zona merah di Kecamatan Cengkareng, yakni di RT 06, RW 010, Kelurahan Cengkareng Barat. Di mana kasus positifnya ada 12 yang terdiri dari empat rumah.

"Kemudian ada kelurahan yang kita lockdown hari ini, Kelurahan Rawa Buaya. kantornya pelayanan dropbox dan online pelayanan karena ada pegawai yang terpapar," tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat penambahan harian kasus Covid-19 terbanyak di Kecamatan Cengkareng pada Minggu, dengan jumlah 238 kasus. Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Cengkareng Tertinggi Dalam 3 Hari

"Kecamatan dengan jumlah kasus terbanyak, antara lain Cengkareng 238 kasus, Penjaringan 208 kasus, Tanjung Priok 206 kasus, dan Cilincing 202 kasus," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangan tertulis, Minggu 20 Juni 2021.



Sementara itu, lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta kembali mencatat rekor baru, dengan penambahan 5.582 kasus pada Minggu.

Penambahan kasus harian ini merupakan angka tertinggi di Jakarta sepanjang pandemi Covid-19 berlangsung. Dengan penambahan harian tersebut, kini angka kasus aktif Covid-19 di Jakarta menembus 30.142 pasien.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top