Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, TNI AU Tawarkan Lakespra Jadi Tempat Isoman

Kamis, 17 Juni 2021 - 11:36 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, TNI AU Tawarkan Lakespra Jadi Tempat Isoman
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa mengatakan, TNI AU menawarkan tempat isolasi mandiri (isoman) untuk pasien Covid-19 kepada Pemerintah Kota (Pemkot). Adapun lokasi isoman tersebut di Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) Dr Saryanto Pancoran.

"Lakespra Dr Saryanto itu milik TNI AU yang berada di Pancoran. Kita sudah komunikasi dengan pimpinan TNI AU di sana. Mereka siap sediakan 30 kamar," kata Isnawa kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Kemudian, Isnawa mengatakan, TNI AU memiliki komitmen turut membantu Pemkot Jakarta Selatan guna menambah lokasi isoman pasien Covid-19. Namun, kamar tersebut hanya diperuntukkan dengan kategori pasien orang tanpa gejala (OTG).

"Saya sudah koordinasi dengan BPDB DKI untuk kemungkinan diusulkan masuk ke SK Gubernur DKI Jakarta untuk tempat merawat pasien Covid-19 OTG. Pihak TNI AU sudah siap jika Lakespra digunakan," imbuhnya.

Adapun Lakespra Dr Saryanto milik TNI AU disiapkan sebagai alternatif tempat isoman. Sebagai bentuk tanggap antisipasi membludaknya tempat isolasi di wilayah Jakarta Selatan.

Sebagaimana diketahui, tempat isoman di Jakarta Selatan ada di Graha Wisata Ragunan. Tempat tersebut juga digunakan sebagai tempat isoman pada tahun lalu.

Namun, ketersediaan tempat isoman dengan kategori OTG di Graha Wisata Ragunan hampir penuh. Diketahui berdasarkan data Rabu (16/6) kemarin sebanyak 140 orang dengan dominasi pasien dari Kebayoran Lama dan Kebayoran Baru.

Pasien OTG akan dirawat selama 10 hari di Graha tersebut. Selama masa perawatan pasien OTG akan mendapatkan suplai makanan, vitamin, dan berbagai kegiatan.

“Kami mengantisipasi itu kalaupun nanti hotel-hotel tak bisa menampung lagi pasien Covid-19 ini, di Graha Wisata kami siap dengan kapasitas 230-240 orang,” tutupnya.

Sementara, Pemkot Jakarta Selatan juga menyiapkan Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di kawasan Setiabudi untuk tempat isolasi mandiri. Diketahui rusun ini memiliki daya tampung 3.968 orang.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)