Masuk Tahap Akhir, Rumah Panggung Kebon Pala Ditarget Rampung Awal Juni

Selasa, 01 Juni 2021 - 17:03 WIB
loading...
Masuk Tahap Akhir, Rumah Panggung Kebon Pala Ditarget Rampung Awal Juni
Pengerjaan rumah panggung warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, ditarget rampung pada awal Juni 2021. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengerjaan rumah panggung warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, ditarget rampung pada awal Juni 2021. Rumah dengan konsep ini sengaja dibuat untuk warga korban banjir luapan Kali Ciliwung .

Lurah Kampung Melayu Setiawan mengatakan, sebanyak 18 rumah yang diperbaiki berada di wilayah RT 13/04. Rumah panggung yang dibangun memiliki tinggi 3,5 meter.

"Masih dua unit lagi tinggal tahap finishing. Insya Allah awal bulan Juni sudah selesai pengerjaan dan bisa ditempati warga," kata Setiawan saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (1/6/2021).

Dikatakan Setiawan, pembangunan rumah warga korban banjir luapan kali Ciliwung didasari karena tempat tinggal yang dihuni sudah tidak layak. 18 rumah warga yang direnovasi ini rusak akibat setiap tahun diterjang banjir luapan kali Ciliwung.

"Rumah yang direnovasi keseluruhan ada 42, 18 dibedah total ditambah 24 rumah tapi tidak direnovasi total," ujarnya.

"Sekarang di lokasi juga sudah memulai pengerjaan rumah warga yang bedah tampak. Untuk rumah warga yang dibedah tampak terdiri dari warga RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu," ujarnya.

Dia menurutkan, renovasi rumah warga Kebon Pala yang mengusung konsep rumah panggung merupakan cara untuk menghindari banjir tahunan yang kerap menerjang.

"Dibuat rumah panggung agar rumah warga tidak terus menerus terkena luapan air kali Ciliwung," ucapnya.

Sementara, Ketua RT 13/04 Sanusi mengatakan, konsep rumah panggung yang dipilih Pemprov DKI Jakarta dalam renovasi awalnya sempat mendapat penolakan warga. Tetapi setelah dilakukan sosialisasi warga menerima dan pengerjaan pun dimulai pada Rabu 31 Maret 2021.

"Sekarang sudah tidak ada yang menolak. Malah menyambut baik sekali, senang dengan adanya dibedah rumah seperti ini. Di wilayah RT 13 ada 32 yang direnovasi, 18 dibedah total jadi rumah panggung," tuturnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)