Kerap Dilanda Banjir, Hunian Warga Kampung Melayu Disulap Jadi Rumah Panggung

loading...
Kerap Dilanda Banjir, Hunian Warga Kampung Melayu Disulap Jadi Rumah Panggung
Sekitar 30 kepala keluarga di tiga RT, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menerima bantuan renovasi tempat tinggal. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
JAKARTA - Sekitar 30 kepala keluarga di tiga RT, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menerima bantuan renovasi rumah .

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, ada 40 rumah yang bakal direnovasi. 40 rumah itu berada di wilayah RT 13/04, RT 11 dan RT 06/05 yang merupakan daerah rawan banjir . "Dibuatkan rumah panggung. Bagian bawahnya dibuat setinggi 3,5 meter," ujarnya, Senin (5/4/2021).
Baca juga: Jejak Kebaikan Syekh Ali Jaber: Renovasi Rumah Warga Terdampak Corona

Renovasi dengan konsep rumah panggung sengaja dibuat untuk mengatasi persoalan banjir di permukiman warga Kebon Pala. Adapun anggaran pembangunan rumah panggung bersumber dari Baznas (Baziz) DKI. "Selain dijadikan hunian konsep rumah panggung ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang interaksi sosial," ucapnya.

Dia tak merinci detail jumlah anggaran pembangunan rumah panggung. Pada tahap awal renovasi sebanyak 18 rumah ditarget dapat kembali dihuni bulan Mei 2021 atau sebelum Hari Raya Idul Fitri.
Baca juga: DPR Pertanyakan Progres Renovasi Rumah Sakit COVID-19 yang Dilakukan Kemenhan

Peletakan batu pertama renovasi dengan konsep rumah panggung warga Kebon Pala sudah dilakukan pada Rabu (31/3/2021) dan kini pembangunan telah berjalan.



"Semua UKPD (Unit Perangkat Kerja Daerah) ikut intervensi di sini baik Sudin Bina Marga, SDA (Sumber Daya Air), Dinas Perumahan agar kawasan ini benar-benar terintegrasi dengan baik," kata Anwar.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top