RS Premier Jatinegara Buka Sentra Layanan Pemulihan Pasca COVID-19 Pertama di Indonesia

Sabtu, 29 Mei 2021 - 07:26 WIB
loading...
RS Premier Jatinegara Buka Sentra Layanan Pemulihan Pasca COVID-19 Pertama di Indonesia
RS Premier Jatinegara membuka Sentra Pemulihan PascaCOVID-19 , untuk penanganan kondisi pasien penyintas atau pascaCOVID-19 secara komprehensif berbasis kebutuhan pasien. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - RS Premier Jatinegara membuka Sentra Pemulihan PascaCOVID-19 , untuk penanganan kondisi pasien penyintas atau pascaCOVID-19 secara komprehensif (integrated one stop services) berbasis kebutuhan pasien (personalized patient care).

Ditunjang dengan program rehabilitatif yang memadai, para pasien pascaCOVID akan mendapatkan pertolongan yang tepat untuk pemulihan jiwa , raga dan sosial, serta dipersiapkan dapat beraktivitas dan produktif seperti sediakala. (Baca juga; Pemkot Sebut Kota Bekasi Masih Bebas Covid-19 Varian Baru )

“Di Sentra Pemulihan PascaCOVID-19, pasien akan ditangani oleh tim dokter spesialis multidisipliner, sesuai kebutuhan pasien. Salah satunya yang berperan penting juga adalah dokter spesialis rehabilitasi medik,” kata dr Ida Bernida SpP,FCCP. salah satu dokter spesialis paru di RS Premier Jatinegara, Jumat 28 Mei 2021.

Rencana terapi atau latihan yang diberikan kepada pasien sembuh COVID-19 akan dirancang secara personalized. Mulai dari latihan uji kapasitas fungsional (Sit to Stand test, dll ), uji fungsi otot pernapasan, serta uji kekuatan otot dan ekstremitas. (Baca juga; Kasus COVID-19 Meningkat Pasca Lebaran, Satgas: Ini Konsekuensi )

“Latihan fisik nya sendiri akan kita berikan secara tailor made, sesuai kebutuhan pasien. Mulai dari peregangan , pernapasan, aerobic dan penguatan,” tambah dr Yaya Sudibyo Sp.KFR , Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Premier Jatinegara.

Sementara itu, Dr Anastasia Sri Maryani Mpsi Psikolog menambahkan, kondisi psikologis pasien juga mendapatkan perhatian di Sentra Pemulihan PascaCOVID-19. Sebab, orang yang sembuh dari infeksi virus COVID-19 , berpotensi mengalami guncangan dan gangguan mental serius. Mulai dari kecemasan sampai kepada depresi dan berbagai masalah mental lainnya.

Beberapa layanan psikolog yang disediakan di sentra pemulihan pascacovid antara lain , konseling, meditasi/relaksasi , supportive lainnya, makanan berimbang dan vitamin. Jam pelayanan di awal akan dibuka setiap Senin, Rabu dan Jumat pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang datang .

Diketahui, 63,5 % pasien penyintas COVID-19, masih menunjukkan gejala pascaCOVID yang sangat mengganggu, sepertibatuk, jantung berdebar, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, hilang sensasi penciuman, merasa lemas, sampai kepada masalah medis yang serius. Kondisi ini diketahui awam sebagai Long Covid syndrome.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2630 seconds (0.1#10.140)