Ini Alasan Anies Angkat Tema Jakarta Bangkit pada HUT Ke 494 DKI

Senin, 24 Mei 2021 - 18:15 WIB
loading...
Ini Alasan Anies Angkat Tema Jakarta Bangkit pada HUT Ke 494 DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjelang HUT Ke 494 DKI Jakarta , Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan alasan pemilihan tema Jakarta Bangkit .

Pada tahun lalu, Pemprov DKI mengambil tema Jakarta Tangguh. "Jadi tahun lalu kita dalam masa ujian yang relatif tantangannya baru. Jakarta pernah melewati beberapa bencana wabah seperti kemarin ya baru sekarang. Karena itu kita tangguh di masa sekarang. Sekarang kita menengok ke belakang melihat bahwa satu tahun kemarin landai kegiatan ekonomi turun, kegiatan sosial berkurang, aktivitas kebudayaan berkurang. Kalau diilustrasikan seperti sesuatu yang turun ke bawah, bayangannya begitu. Turun karena kondisi akibat tantangan kesehatan," urai Anies di akun YouTube Pemprov DKI, Senin (24/5/2021).
Baca juga: HUT Ke 494 DKI Jakarta, Anies: Ini Kesempatan Semua untuk Berkiprah

Pada tahun ini, dia melihat Ibu Kota akan bangkit baik dari ekonomi, sosial maupun budaya. "Tahun ini kita mulai membayangkan sebagai tahun di mana kita mulai bangkit ke depan. Kegiatan perekonomian mulai meningkat, aktivitas sosial meninggi, aktivitas kebudayaan kembali bermunculan. Kami membayangkan pada saat kita turun kita memilih bertahan dan tangguh, pada saat sekarang kita mulai bangkit," ujar Anies.

Dia juga menganalogikan apa yang terjadi di Jakarta setahun terakhir seperti penampilan sendratari di awal pembukaan acara pencanangan HUT DKI Jakarta, di mana penampilan itu menunjukkan perjuangan warga Jakarta dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Baca juga: Denny Siregar Tuding Anies Dapat Rumah Mewah, Gerindra: Perbuatan Jahat tapi Terlalu Bodoh

"Dan tadi kalau dibilang sendratari itu mengilustrasikan betul masa di mana kita ceria berkegiatan tidak lama datang serombongan virus yang kemudian menjangkiti semuanya. Lalu muncul secara bertahap imunitas kolektif lewat vaksinasi, lewat imunitas yang pernah terinfeksi menjadi imun," katanya.

Mantan Mendikbud itu optimistis Jakarta segera bangkit dari keterpurukannya setelah diserang Covid-19. "Inilah kita mulai bangkit. Kami berkeyakinan Jakarta mulai bangkit dan Jakarta besok justru Jakarta yang baik dan bangkit dari sebelum pandemi. Karena kita terlatih menghadapi tantangan yang tidak kecil," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)