Puluhan Lampu PJU Tak Berfungsi, Jalanan di Tangsel Gelap Gulita

Rabu, 05 Mei 2021 - 00:30 WIB
loading...
Puluhan Lampu PJU Tak Berfungsi, Jalanan di Tangsel Gelap Gulita
Sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) gelap gulita. Penyebabnya lampu-lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tak berfungsi sebagaimana mestinya. FOTO/SINDOnews/HAMBALI
A A A
TANGERANG SELATAN - Sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) gelap gulita. Penyebabnya lampu- lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pantauan di Jalan Raya Serpong, Setu, lebih dari 20 lampu PJU mati. Padahal jalan di lokasi itu cukup strategis menghubungkan Kecamatan Serpong, serta akses menuju Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Sepanjang jalan itu terlihat gelap gulita, hanya sorot lampu dari kendaraan yang menerangi badan jalan. Kondisi demikian disebutkan telah berlangsung cukup lama, hingga membuat masyarakat dan pengguna jalan resah.

Baca juga: Takut Diciduk Polisi, Oknum FBR Minta THR ke Pedagang di Tangsel Minta Maaf

"Sudah lama sih, kondisinya gelap kalau malam. Nggak tahu itu kenapa lampu PJU-nya mati. Rawan juga kalau ada pejalan kali atau sesama kendaraan yang nggak hati-hati bisa terjadi kecelakaan," kata Wahyudi (42), pemilik warung di lokasi, Selasa (04/05/21).

Tak hanya kecelakaan yang mengintai, menurut dia, kondisi jalan yang gelap memberi keleluasaan pula bagi pelaku kejahatan beraksi. "Jalau jalan gelap begini kan rawan pak, apalagi namanya begal-begal begitu kan kesempatan kalau kondisi jalan sepi, gelap," ucapnya.

Kondisi serupa terlihat pula di sekitaran Bundaran Maruga, Serua, Ciputat. Akses menuju kantor Wali Kota itu gelap lantaran banyak lampu PJU mati. Padahal kawasan Maruga terbilang pusat dari perkantoran pemerintahan di Tangsel.

Baca juga: Ormas Minta THR ke Pedagang Ciputat Timur, Kapolres Tangsel: Timsus Ormas Bergerak Bro!

Cukup banyak lampu PJU yang tak berfungsi di sana. Jika malam tiba, maka yang terlihat hanyalah lampu-lampu kecil dari rumah, minimarket, ataupun tempat usaha yang berada di tepi jalan.

"Banyak yang mati lampunya, udah lama nggak diganti mungkin," kata Ismail (35), pemilik kedai nasi bebek di sekitaran Bundaran Maruga.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) pada Bidang PJU mengklaim memiliki call center yang bisa dihubungi manakala didapati lampu PJU tak fungsi. Bahkan, terdapat tim monitoring yang siaga bertugas mengawasi lampu PJU.

Namun di lapangan fakta yang ditemukan berbeda, puluhan lampu-lampu jalan itu memang tak berfungsi sejak lama tanpa ada pengecekan. Perbaikan lampu biasanya baru dilakukan jika telah terjadi kecelakaan di lokasi.

Kanitlaka Lantas Polres Tangsel Iptu Agus Sutrisna mengaku, kondisi penerangan jalan jadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas pada malam hari. Dia berharap para pengendara tetap waspada saat melintasi jalan-jalan yang minim penerangan lampu PJU.

"Penerangan di jalan itu sangat penting. Tetap hati-hati dan konsentrasi agar terhindar dari kecelakaan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)