Rawan Kemacetan Selama Ramadhan, Polisi: Kita Siapkan Tim Pengurai

Kamis, 15 April 2021 - 13:44 WIB
loading...
Rawan Kemacetan Selama Ramadhan, Polisi: Kita Siapkan Tim Pengurai
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Walalupun dalam masa pandemi , kemacetan di bulan Ramadhan ini tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, ada siklus kemacetan yang terjadi selama bulan Ramadhan kali ini. Walaupun tidak sepadat hari normal, namun pada bulan Ramadhan kali ini kemacetan tetap terjadi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mencatat akan ada perubahan jam kemacetan saat bulan Ramadhan. Hal tersebut dikerenakan adanya pergeseran waktu masuk dan pulang kerja yang lebih cepat satu jam dari biasanya. Karena dalam transisi menuju era normal baru maka masyarakat juga sudah mulai beraktivitas normal.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa, dari sekitar pukul16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

"Kami harap pukul 19.30 WIB, jalanan sudah mulai lancar," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Dia melihat, pola ini akan sama setiap tahun, jadi pihaknya sudah melakukan antisipasi-antisipasi untuk meredam kemacetan tersebut. Selain menambah personel dan menempatkannya petugas pada dititik-titik kemacetan tersebut.

"Kami juga melakukan imbauan kepada pusat perbelanjaan untuk tidak membiarkan parkir liar beroperasi dan imbauan khusus akan dilakukan kepada pengendara untuk bisa lebih tertib dan teratur dalam berkendara," jelasnya.

Kasubdit BinGakum Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menegaskan, personel juga disiapkan untuk membuka simpul-simpul kemacetan yang terjadi. "Kita sudah siapkan tim pengurai kemacetan," ujarnya.

Selain itu, tim patroli khusus yang bertugas pada malam hari juga disiapkan untuk mengantisipasi balap liar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan, pihaknya juga telah meminta pimpinan Polsek dan Polres untuk melakukan pemantauan terhadap lokasi rawan balap liar. Dalam melakukan razia, pihaknya selalu mengambil tindakan tegas juga diberlakukan. Banyak dari mereka yang justru sepeda motornya disita karena tidak memiliki kelengapan surat dan lainnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)