Bernyali! Petugas Damkar Depok Bongkar Dugaan Korupsi di Tempatnya Bekerja

Jum'at, 09 April 2021 - 17:55 WIB
loading...
Bernyali! Petugas Damkar Depok Bongkar Dugaan Korupsi di Tempatnya Bekerja
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
DEPOK - Pria satu ini sungguh bernyali. Sandi namanya. Sandi yang bekerja di Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok berusaha membongkar dugaan korupsi di tempatnya bekerja.

Bahkan, dia berpose membawa poster bertuliskan “Pak Presiden Jokowi Tolong Usut Tindak Pidana Korupsi Dinas Pemadam Kebakaran Depok #StopKorupsiDamkar.” Aksinya itu viral di media sosial.
Baca juga: Parkir Liar Seberang Balai Kota Depok, Kendaraan Digembok

Sandi mengungkapkan sarana dan prasarana yang diterima petugas Damkar tidak sesuai spesifikasi. Padahal, dalam melaksanakan tugas dirinya berhadapan dengan bencana. “Kalau untuk motif saya hanya memperjuangkan hak dan memang apa adanya kenyataan fakta di lapangan,” ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Menurut dia, yang dimaksud peralatan tidak sesuai spesifikasi misalnya selang air. Selang tersebut disebut nilainya jutaan rupiah. “Tapi, hanya beberapa tekanan saja sudah jebol. Untuk pengadaan barang Damkar hampir semua tidak sesuai spek yang kita terima, tapi kita dituntut bekerja 100 persen dan barang-barang yang kita terima itu tidak 100 persen,” ungkapnya.

Dia menduga ada penggelapan dana lain. Dia mengaku pernah menandatangani bukti penerimaan uang sebesar Rp1,8 juta, namun yang diterima hanya separuhnya. “Hanya menerima Rp850 ribu. Waktu itu dana untuk nyemprot disinfektan. Kemarin-kemarin kita disuruh nyemprot segala macam,” ucapnya.
Baca juga: Mengenal Robot LUF 60, Alat Canggih untuk Memadamkan Api yang Dimiliki Damkar DKI

Untuk honor bulanan yang diterima, dia mengaku ada potongan sebesar Rp200 ribu. Honor yang diterima seharusnya Rp3,4 juta. “Honor kita tanda tangan Rp3,4 juta tapi dipotong Rp200 ribu. Katanya untuk BPJS, sedangkan BPJS pemerintah sudah ada anggarannya. Alasan pejabat kan nggak ada anggarannya,” ujar Sandi.

Komandan Regu DPKP Posko Wali Kota Depok Leo mengatakan, foto itu diambil Sandi sekitar dua hari lalu. Sandi melakukannya sendiri. “Kalau peristiwa poster itu (protes) kalau tidak salah dua hari lalu. Dia melakukan sendiri, mungkin tidak ada kepuasan sama pimpinan,” ujar Leo.

Sementara, Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Depok Gandara Budiana mengaku belum mengetahui hal tersebut. “Saya belum tahu ya. Nanti akan saya tanya pada kabidnya,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)