Kisah Taman Mini; Digagas Ibu Tien, Diperjuangkan Ali Sadikin, Kini Diambil Alih Jokowi

Jum'at, 09 April 2021 - 06:02 WIB
loading...
Kisah Taman Mini; Digagas Ibu Tien, Diperjuangkan Ali Sadikin, Kini Diambil Alih Jokowi
Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Foto: SINDOnews/Yorri Farli
A A A
KEBERADAAN Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam dua hari terakhir menjadi perbincangan publik setelah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mengambil-alih pengelolaan kawasan wisata berkonsep budaya Indonesia itu. Peralihan pengelolaan TMII diatur melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021. Kini, TMII akan dikelola oleh negara melalui Kementerian Sekretaris Negara setelah 44 tahun dikelola Yayasan Harapan Kita milik keluarga Cendana.

TMII tergolong salah satu objek wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya dalam mengisi hari libur. Dikutip dari laman www.tamanmini.com, TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang berlokasi diJakarta Timur. Areanya seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Kisah Taman Mini; Digagas Ibu Tien, Diperjuangkan Ali Sadikin, Kini Diambil Alih Jokowi


Di TMII terdapat anjungan daerah yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.



Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater MAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikanTMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di Ibu Kota. Dulunya, lahan TMII merupakan daerah persawahan dan perladangan milik masyarakat. Lalu kemudian ditransformasikan menjadi kawasan wisata.

TMII dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Adalah Siti Hartinah Soeharto atau akrab dipanggil Ibu Tien Soeharto, yang memiliki gagasan membangun kawasan wisata TMII. Prakarsa itu diilhami oleh pidato Presiden Soeharto tentang keseimbangan pembangunan antara bidang fisik-ekonomidan bidang mental-spiritual.

Kisah Taman Mini; Digagas Ibu Tien, Diperjuangkan Ali Sadikin, Kini Diambil Alih Jokowi

Presiden Soeharto bersama Ibu Tien semasa hidup: Foto: Soeharto.co

Selaku Ketua Yayasan Harapan Kita (YHK) yang berdiri pada tanggal 28 Agustus 1968, Ibu Tien Soeharto menyampaikan gagasan pembangunan Miniatur Indonesia pada rapat pengurus YHK pada 13 Maret 1970 di Jalan Cendana Nomor 8, Jakarta Pusat. Ibu Tien Soeharto menyampaikan gagasan berupa bangunan utama bercorak rumah-rumah adat yang dilengkapi dengan pergelaran kesenian, kekayaan flora-fauna, dan benda budaya lain dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Gagasan itu dilandasi oleh suatu keinginan untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan Tanah Air, serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Gagasan tersebut semakin mantap setelah Ibu Tien selaku ibu negara menyertai perjalanan kerja Presiden Soeharto ke berbagai negara, dimana ia mendapat kesempatan mengunjungi objek-objek wisata di luar negeri, diantaranya Disneyland Amerika Serikat dan Timland di Muangthai, Thailand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)