Mengenal Sosok Abuya Uci, Ulama Kharismatik Banten yang Juga Sahabat Gus Dur

Selasa, 06 April 2021 - 11:04 WIB
loading...
Mengenal Sosok Abuya Uci, Ulama Kharismatik Banten yang Juga Sahabat Gus Dur
Ulama kharismatik di Tangerang Abuya KH Uci Thurtusi meninggal dunia.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ulama kharismatik asal Tangerang, Banten, Abuya KH Uci Thurtusi wafat pada Selasa (6/4/2021) pagi tadi karena sakit. Abuya Aci dikenal merupakan sosok sahabat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) .

Dalam laman resmi NU Online kedekatan Abuya Uci dengan Gus Dur dibuktikan dari sikap dua ulama ini yang saling mendukung dalam hal penguatan ilmu agama dan akidah umat muslim di Indonesia. Semasa hidup, Gus Dur beberapa kali mengisi pengajian di Pesantren Cilongok.

Abuya Uci adalah putra dari Alm Abuya Dimyathi Cilongok, seorang kiai yang sangat disegani oleh masyarakat Banten. Setelah Gus Dur wafat, Abuya Aci masih Sering berkunjung ke kediaman Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan. Salah satunya saat pelaksanaan haul kelima Gus Dur tahun 2014, Abuya Uci membawa santrinya menggunakan sebanyak 10 mobil.

Abuya Uci setara dengan tokoh dan ulama lain yang ada di Indonesia seperti Habib Lutfi bin Yahya dan Abuya Muhtadi. Abuya Uci Thurtusi adalah salah satu ulama di Indonesia yang berasal dari sebuah kampung di Kabupaten Tangerang yaitu Kampung Cilongok, Pasar Kemis.

Ceramahnya yang konsisten menggunakan bahasa Sunda menjadikan tokoh ini semakin dicintai oleh berbagai kalangan. Selain mudah dipahami, ceramah dengan bahasa Sunda dinilai masyarakat Banten memberikan ruh tersendiri saat disimak.

Nama Abuya Uci sudah terkenal hingga ke luar Pulau Jawa. Ketika menyelenggarakan pengajian mingguan di Pesantren Cilongok, kerap didatangi ulama atau tokoh dari negara-negara di dunia sebut saja tokoh Mesir, Yaman, Arab Saudi, India, Irak, Maroko pernah hadir di pengajian Abuya Uci

Sebelumnya, kabar duka datang dari ulama besar Banten, pengasuh Pimpinan Pondok Pesantren dan Majelis Talim Al-Istiqlaliyyah, Abuya KH Uci Thurtusi dikabarkan meninggal dunia. Almarhum meninggal karena sakit. "Benar (meninggal). Sakit tadi subuh," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi kepada MNC, Selasa (6/4/2021).
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)