1.500 Petak Khusus Makam Covid-19 di TPU Rorotan Mulai Difungsikan

Sabtu, 27 Maret 2021 - 08:10 WIB
loading...
1.500 Petak Khusus Makam Covid-19 di TPU Rorotan Mulai Difungsikan
Pemkot Jakarta Utara mulai memfungsikan TPU Rorotan di lingkungan RW 09, Cilincing, sebagai tempat pemakaman jenazah Covid-19.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Utara mulai memfungsikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan di lingkungan RW 09 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing pada Jumat (26/3/2021) sebagai tempat pemakaman jenazah Covid-19 . Sebanyak 1.500 petak makam disiapkan untuk pemakaman tersebut.

Plt Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Pemkot Jakarta Utara, Mila Ananda menjelaskan, dalam tahap awal ini pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 1.500 petak makam."Hari ini (kemarin), TPU Rorotan mulai menerima pelayanan pemakaman. Sudah dua jenazah yang dimakamkan dan ada satu jenazah lagi yang akan dimakamkan namun masih diperjalanan. Ketiga jenazah itu merupakan pasien Covid-19 yang sudah menjalani perawatan di rumah sakit," ujar Mila.

Menurut Mila, dengan di bukanya TPU Rorotan pada saat ini. Pemerintah tengah memprioritaskan jenazah pasien COVID-19 yang merupakan warga DKI Jakarta. "Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang ber KTP DKI Jakarta terlebih dahulu karena kondisinya darurat mengingat keterbatasan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta," terang Mila.

Meskipun demikian, proses pembangunan TPU Rorotan dikatakannya saat ini masih terus berjalan dan dipersiapkan secara bertahap termasuk akses jalan masuk, lampu penerangan dan sebagainya.

"Tahap awal, lahan pemakaman COVID-19 yang disedikan sekitar 2 hektar dan itu masih dikerjakan," ujarnya. Saat ini Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara mengerahkan 18 petugas untuk mendukung proses pemakaman jenazah COVID-19.

"Kita siagakan mereka disana termasuk 4 petugas keamanan. Kedepannya, TPU Rorotan akan ditata seperti TPU lainnya," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)