5 Tempat Bersejarah di Dekat Kantor DPP Partai Demokrat Menteng Jakarta Pusat

Senin, 08 Maret 2021 - 10:53 WIB
loading...
5 Tempat Bersejarah di Dekat Kantor DPP Partai Demokrat Menteng Jakarta Pusat
Kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat ternyata di sekitar kawasannya terdapat tempat-tempat bersejarah, salah satunya Tugu Proklamasi .

Belakangan ini Demokrat dirundung kisruh internal hingga berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Sumatera Utara. Bahkan, pada hari ini, Senin (8/3/2021) Demokrat versi KLB Sumut yang dikomandoi Moeldoko akan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
Baca juga: Dua Agenda Politik Besar di Balik Pembegalan Partai Demokrat

Nah, berikut 5 tempat bersejarah di sekitar kantor DPP Demokrat Menteng yang berhasil dihimpun SINDOnews, Senin (8/3/2021).

Tugu Proklamasi
Monumen atau Tugu Proklamasi di Jalan Proklamasi menjadi saksi Indonesia merdeka dan bebas dari masa penjajahan. Di sekitar Tugu Proklamasi terdapat monumen patung Soekarno dan Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan.
Tugu Proklamasi kerap dijadikan wisata edukasi bagi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.
5 Tempat Bersejarah di Dekat Kantor DPP Partai Demokrat Menteng Jakarta Pusat

Tugu Proklamasi. Foto: Dok Okezone

Masjid Agung Sunda Kelapa
Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan salah satu masjid yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini memiliki desain interior dan eksterior yang dipenuhi simbol-simbol fleksibel, tidak kaku dengan simbol Timur Tengah yang kerap menjadi harga mati untuk arsitektur masjid.

Pasar Antik Surabaya
Jalan Surabaya, Menteng, terkenal sebagai pusat jual beli barang antik yang didatangi pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Mereka kerap menjadikan Jalan Surabaya sebagai salah satu destinasi wisata. Dahulu penjual barang antik di Jalan Surabaya menjajakan dagangan hanya mengemper menggunakan tikar. Saat ini Jalan Surabaya lebih rapi dengan deretan kios bagi pedagang barang antik.
Baca juga: Ternyata Jhoni Allen, Pimpinan Sidang KLB Demokrat Pernah Bekerja di Taman Margasatwa Ragunan

Taman Ismail Marzuki (TIM)
TIM merupakan sebuah pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. TIM juga memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop dengan berbagai acara seni dan budaya dipertunjukkan secara rutin.
5 Tempat Bersejarah di Dekat Kantor DPP Partai Demokrat Menteng Jakarta Pusat

TIM Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Dok SINDOnews

Taman Suropati
Taman Suropati merupakan taman penting di Jakarta karena terdapat enam monumen Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)