Pintu Air Hulu dan Hilir Jakarta Siaga 3, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir

Kamis, 04 Februari 2021 - 19:15 WIB
loading...
Pintu Air Hulu dan Hilir Jakarta Siaga 3, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tinggi Muka Air (TMA) di bendung Katulampa , Bogor berstatus waspada atau siaga 3, Kamis (4/2/2021). Dalam waktu enam jam ke depan, air akan sampai di pintu air Manggarai. Untuk wilayah lintasan sungai Ciliwung diimbau waspada banjir .

Peringatan itu dituliskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitternya, Kamis (4/2/2021). Baca juga: Begini Strategi Pemprov DKI Kendalikan Banjir, Kira-kira Ampuh Nggak?

"Kronologis Kenaikan #TinggiMukaAir di Bendung Katulampa (Waspada/Siaga 3)
Kamis, 04 Februari 2021, Pukul 17.00 WIB #PeringatanDiniJKT #CepatResponJKT
#JAKI #PerluTahu," tulis @BPBD dengan lampiran infografik kronologis kenaikan bendungan Katulampa.

Pukul 16.00 WIB, TMA di bendung Katulampa berkisar sekitar 40 cm dengan status normal dan siaga 4. Satu jam kemudian, TMA naik menjadi 100 cm dan berstatus waspada atau siaga 3. Kondisi cuaca di bendung masih gerimis.

Antisipasi wilayah waspada lintasan sungai Ciliwung yaitu Balekambang; Bali Mester; Baru; Bidara Cina; Bukit Duri; Cawang; Cikoko; Duren Tiga; Gedong; Jagakarsa; Jatipadang; Kalibata; Kalisari; Kampung Melayu; Kampung Tengah; Kebagusan; Kebon Mangga; Lenteng Agung; Manggarai; Pal Meriam; Pejaten Timur; Pancoran; Pengadegan; Rawajati; Srengseng Sawah; dan Tanjung Barat.

"Upaya yang sudah dilakukan yaitu penyebaran informasi melalui DEWS, media sosial dan pemberitahuan kepada lurah dan camat," ucapnya. Baca juga: Pakar Mitigasi Bencana Sebut Ini PR Pemprov DKI Atasi Banjir

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melalui akun Twitternya @dinasSDAJakarta juga memposting status TMA pukul 17.00 WIB. Selain bendung Katulampa yang bersatus siaga 3, pintu air Pasar Ikan di hilir berstatus siaga 3 dengan ketinggian 235/177 cm.

Cuaca Jakarta sore ini masih terus diguyur hujan deras. Biasanya Jakarta akan mengalami banjir apabila ada kiriman dari hulu atau bendungan Katulampa ditambah hujan lokal dan tingginya permukaan air laut di hilir utara Jakarta atau pintu air Pasar Ikan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)