Pasca-kejadian Penembakan Disatroni OTK, Gang Diportal dan Dijaga Warga

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:32 WIB
loading...
Pasca-kejadian Penembakan Disatroni OTK, Gang Diportal dan Dijaga Warga
Enam anggota FPI yang ditembak mati polisi di Tol Jakarta Cikampek Km 50.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kondisi area gang rumah almarhum Lutfil Hakim, satu orang laskar Front Pembela Islam (FPI) yang menjadi korban penembakan pada Senin dinihari, 7 Desember 2020 tampak lengang. Tim MNC Portal mendatangi area rumah almarhum Lutfil Hakim, Selasa (15/12/2020), gang menuju rumah almarhum tepat di depan jalan kecil yang dilalui kendaraan bermotor.

Di mulut gang arah rumah almarhum, terpasang portal menutupi setengah jalan masuk gang. Tiga orang warga terlihat berjaga tepat di depan gang. Salah satu di antaranya menyampaikan jika Tim MNC Portal ingin mewawancarai keluarga korban almarhum Lutfil Hakim, maka dipersilakan ke Sekretariat RW.

Posisi Sekretariat RW tidak jauh dari gang tersebut. Lokasi Sekretariat juga tepat berada di depan sebuah masjid berukuran besar. Seorang warga, Abdul, bukan nama sebenarnya, mengatakan bahwa gang arah rumah almarhum Lutfil Hakim memang sengaja dipasang portal dan dijaga warga.

Alasannya, saat ini kondisi keluarga sedang berduka. Beberapa hari sebelumnya atau setelah almarhum Lutfil Hakim wafat, ada orang tidak dikenal (OTK) mengendarai motor mendatangi area gang."Orang itu sempat lihat-lihat dan tanya-tanya kan. Warga langsung tanya identitasnya dan apa kepentingannya, eh orang itu malah kabur. Pas dikejar di jalan, enggak bisa kekejar. Makanya sengaja gang rumah dijaga secara bergiliran," ujar Abdul kepada Tim MNC Portal pada Selasa (15/12/2020).

Dia melanjutkan, beberapa unsur masyarakat maupun tokoh masyarakat sempat mendatangi rumah keluarga almarhum Lutfil Hakim. Dua di antaranya, seingat Abdul, utusan yakni Neno Warisman dan utusan anggota DPD RI dapil DKI Jakarta Fahira Idris."Utusanya Bu Neno dan Bu Fahira kalau tidak salah datang tadi, Selasa siang," ucapnya.

Saat Tim MNC Portal tiba di ruang Sekretariat RW, ada tujuh orang di dalamnya. Tiga pengurus RW, seorang laki-laki paruh baya, dan tiga orang jurnalis dari sebuah media online nasional. Tim MNC News Portal mengenali satu di antara tiga orang jurnalis tersebut. (Baca: Besok, Keluarga 6 Anggota FPI Korban Penembakan Gelar Tahlil Hari Ketujuh)

Setelah memperkenalkan diri dan tujuan kedatangan Tim MNC News Portal, seorang pengurus RW menyatakan, saat ini keluarga masih dalam kondisi berduka. Karenanya wawancara dengan Tim MNC Portal belum bisa dipenuhi.

Pengurus RW ini membenarkan, bahwa gang arah rumah almarhum Lutfil Hakim sengaja dipasangi portal dan dijaga oleh warga. Warga bergantian menjaga di depan gang. Dia juga membenarkan, bahwa utusan Neno Warisman dan Fahira Idris sudah datang membesuk dan menyampaikan belasungkawa ke keluarga almarhum Lutfil Hakim.

"Iya tadi siang ada orangnya Bunda Neno Warisman dan Bu Fahira Idris datang ketemu keluarga almarhum (almarhum Lutfil Hakim). Mereka menyampaikan belasungkawa. Untuk kapan Bunda Neno Warisman dan Bu Fahira yang datang langsung, kita juga belum tahu pasti," ujar pengurus RW saat berbincang dengan Tim MNC Portal.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)