Puluhan Tahanan Polsek Cilincing Jalani Tes Integrasi HIV, TB dan Covid-19

Rabu, 02 Desember 2020 - 21:07 WIB
loading...
Puluhan Tahanan Polsek Cilincing Jalani Tes Integrasi HIV, TB dan Covid-19
Tahanan Polsek Cilincing jalani tes integrasi HIV, TB dan Covid-19, Rabu (2/12/2020). Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cilincing melakukan pemeriksaan terintegrasi terhadap puluhan tahanan Polsek Cilincing, Jakarta Utara . Hal itu sebagai upaya pencegahan penyakit menular.

Kepala Puskesmas Cilincing dr Edison Sahputra mengatakan, pemeriksaan ini di antaranya seperti HIV, Tuberkulosis (TB), dan Covid-19 untuk memperingati hari HIV 2020. ( )

"Kegiatan ini merupakan deteksi dini penyakit terhadap 36 tahanan. kami berharap dapat memutus mata rantai penyebaran berbagai penyakit baik HIV, TB maupun Covid-19," kata Edison saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020).

Sementara itu, Kapolsek Cilincing Kompol Eko Setio Budi menerangkan, peserta pemeriksaan integrasi ini merupakan tahanan titipan jaksa yang rencananya akan dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) masing-masing sesuai keputusan persidangan.

"Karena akan dipindahkan, maka sebelumnya mereka akan di periksa dan ini sebagai syarat mereka (tahanan) dipindahkan ke Lapas masing-masing," terangnya.

Hasil dari tes ini, kata dia, akan diketahui setelah tiga hari ke depan. Apabila ada tahanan yang reaktif Covid-19, kata dia, maka yang bersangkutan harus diisolasi. ( )

"Hasilnya nanti dua sampai tiga hari, apabila ada di antara mereka (tahanan) positif maka akan dilakukan isolasi di ruangan khusus. Jika negatif maka akan langsung dipindahkan," sambungnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4718 seconds (0.1#10.140)