Puluhan Tahanan Polsek Cilincing Jalani Tes Integrasi HIV, TB dan Covid-19

loading...
Puluhan Tahanan Polsek Cilincing Jalani Tes Integrasi HIV, TB dan Covid-19
Tahanan Polsek Cilincing jalani tes integrasi HIV, TB dan Covid-19, Rabu (2/12/2020). Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
JAKARTA - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cilincing melakukan pemeriksaan terintegrasi terhadap puluhan tahanan Polsek Cilincing, Jakarta Utara . Hal itu sebagai upaya pencegahan penyakit menular.

Kepala Puskesmas Cilincing dr Edison Sahputra mengatakan, pemeriksaan ini di antaranya seperti HIV, Tuberkulosis (TB), dan Covid-19 untuk memperingati hari HIV 2020. (Baca juga: Kemenkes Siapkan Program Lawan HIV AIDS )

"Kegiatan ini merupakan deteksi dini penyakit terhadap 36 tahanan. kami berharap dapat memutus mata rantai penyebaran berbagai penyakit baik HIV, TB maupun Covid-19," kata Edison saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020).

Sementara itu, Kapolsek Cilincing Kompol Eko Setio Budi menerangkan, peserta pemeriksaan integrasi ini merupakan tahanan titipan jaksa yang rencananya akan dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) masing-masing sesuai keputusan persidangan.



"Karena akan dipindahkan, maka sebelumnya mereka akan di periksa dan ini sebagai syarat mereka (tahanan) dipindahkan ke Lapas masing-masing," terangnya.

Hasil dari tes ini, kata dia, akan diketahui setelah tiga hari ke depan. Apabila ada tahanan yang reaktif Covid-19, kata dia, maka yang bersangkutan harus diisolasi. (Baca juga: Ini Bedanya HIV dan AIDS )

"Hasilnya nanti dua sampai tiga hari, apabila ada di antara mereka (tahanan) positif maka akan dilakukan isolasi di ruangan khusus. Jika negatif maka akan langsung dipindahkan," sambungnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top