Tiba di Jakarta, 123 ABK MV Quantum of The Sea dan MV Spirit of The Wind Langsung Dites Swab

Jum'at, 08 Mei 2020 - 15:30 WIB
loading...
Tiba di Jakarta, 123 ABK MV Quantum of The Sea dan MV Spirit of The Wind Langsung Dites Swab
Satgas Evakuasi TNI Angkatan Laut mengevakuasi 123 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar MV Quantum of The Sea dan Kapal Pesiar MV Spirit of The Wind di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (8/5/2020). Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Satgas Evakuasi dari TNI Angkatan Laut telah mengevakuasi 123 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Pesiar MV Quantum of The Sea dari Malaysia dan Kapal Pesiar MV Spirit of The Wind dari Kepulauan Bahamas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (8/5/2020).

Brigjen TNI Mar Hermanto mengatakan, proses evakuasi berjalan lancar. Setelah tiba di Jakarta, ABK langsung dilakukan tes swab. Hal ini dilakukan kedua kalinya dari sebelumya kapal MV Amsterdam. "Sementara ini masih kita laksanakan dengan cara swab, ini kali yang kedua. Jadi nanti mereka selama 3/4 hari menunggu hasil," ujarnya, Jumat (8/5). (Baca juga: Tes PCR di Pondok Gede, Warga Jakarta dan Depok Positif Corona)

Sambil menunggu hasil swab, para ABK akan menunggu di Hotel Mercure yang telah disiapkan untuk melakukan isolasi mandiri. "Kalau hasilnya negatif, mereka akan proses pemulangan ke kampung halamannya baik yang ada di Pulau Jawa maupun Sumatera. Namun, jika ada yang positif maka akan kita kirim ke Wisma Atlet untuk ditindaklanjuti," ungkap Hermanto.

Hingga Hari Raya Idul Fitri, akan ada tiga kapal yang berlabuh di Jakarta. "Tergantung via agen dan izin dari Kemenlu. Secara terintegrasi kami tim gabungan akan lakukan evakuasi baik isolasi di hotel hingga mengembalikan ke kampung halaman," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)