Tangerang Uji Coba Sumber Energi Terbarukan Biomassa dari Sampah

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 22:14 WIB
loading...
Tangerang Uji Coba Sumber Energi Terbarukan Biomassa dari Sampah
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau proses uji coba pembuatan bahan bakar dari sampah sebagai salah satu upaya mengurangi jumlah sampah yang ada di Kota Tangerang. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang melakukan uji coba pembuatan sumber energi terbarukan biomassa atau briket dengan bahan baku sampah . Briket dibuat dengan komposisi sampah organik murni maupun campuran dari sampah organik dan anorganik. (Baca juga: 3 Pembuang Sampah di Kalimalang Terancam di Penjara 6 Bulan)

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau langsung proses uji coba pembuatan bahan bakar sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di Kota Tangerang. "Sementara kita uji coba dua macam briket sampah. Briket sampah full organik dan organik campuran 5% non-organik," ujarnya di TPA Rawa Kucing, Neglasari, Tangerang, seperti dikutip tangerangkota.go.id, belum lama ini.

Sebagai tahap awal uji coba, Pemkot akan mempersiapkan briket sampah dengan kapasitas produksi sebesar 4,5 meter kubik. "Saat ini kapasitasnya masih kecil, tapi kita sedang persiapkan untuk kapasitas produksi yang lebih besar," ucapnya. (Baca juga: Siaga Bencana, Damkar Depok Susur Sungai Ciliwung Bersama Relawan)

Nanti briket dengan bahan baku sampah organik dan anorganik ini menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai sumber bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. "Selain itu, tentunya dapat menurunkan jumlah timbunan sampah yang ada di TPA Rawa Kucing," kata Arief.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)